by

Rahmad Terharu Menyaksikan Anak Berkebutuhan Khusus Baca Puisi

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Wakil Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud tak kuasa menahan haru ketika seorang Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) membacakan puisi. Bapak enam anak itupun memeluk sang anak dan menggendongnya.
Suasana haru terasa di Taman Lalu Lintas Kelurahan Sepinggan Balikpapan Selatan, ketika seorang anak berkebutuhan khusus (ABK) membacakan puisi. Dengan susah payah dan kalimat yang kurang jelas, anak laki-laki berusia tujuh tahun itu berupaya menyelesaikan bait-bait puisi.
Sejumlah warga terlihat meneteskan air mata. Wakil Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud yang hadir dalam acara itu tampak berkaca-kaca. Pembacaan puisi merupakan bagian pertemuan rutin yang diselenggarakan komunitas anak berkebutuhan khusus, Komunitas ABK Hebat.
Menurut Ketua Komuntas ABK Hebat, Nuri Handayani, ada 30 anak berkebutuhan khusus yang mendapat pendampingan di komunitas ini.
“Kami belajar bersama di komunitas ini untuk membantu mereka tumbuh dan berkembang selayaknya anak-anak yang lain,” katanya, pada Minggu (9/02/2020).
Sementara itu, Wakil Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud memberi apresiasi atas kepedulian Komunitas ABK Hebat. “Bapak ibu telah membantu pemerintah mendidik anak-anak kita berkebutuhan khusus, sehingga bisa mandiri, sehat dan percaya diri sebagai bekal menjemput masa depan yang lebih baik,” puji Rahmad.
Rahmad Mas’ud menambahkan pemerintah terus berupaya memberikan kesempatan kepada anak-anak berkebutuhan khusus supaya memperoleh fasilitas dan perlakuan yang setara. “Pemerintah sudah mengeluarkan peraturan tentang penyelenggaraan pendidikan inlkusif untuk memastikan anak-anak kita yang punya kebutuhan khusus mendapat pelayanan yang baik,” imbuhnya.
Memang diakui, peraturan yang dibuat pada tahun 2018 belum sepenuhnya dapat diimplementasikan di seluruh wilayah Balikpapan. Hal ini karena adanya keterbatasan yang Dimiliki pemerintah daerah. Masih banyak sekolah yang belum Mampu menerapkan aturan tersebut karena keterbatasan infrastruktur, maupun tenaga pendukung.
Lebih lanjut, Rahmad ingin memastikan komitmennya bahwa upaya memberikan layanan di bidang pendidikan yang lebih baik sedang berproses.
“Sebagai daerah yang telah memperoleh predikat Kota Layak Anak, kita akan terus mewujudkan pemenuhan terhadap hak-ahak anak di segala bidang, terutama di bidang pendidikan,” kata dia lagi. Rahmad berharap anak-anak berkebutuhan khusus dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak yang mandiri, sekaligus percaya diri.
Pada kesempatan itu, Rahmad berjanji membayar gaji guru yang mendidik Komunitas ABK Hebat.(sb-02)

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed