by

Raperda Kearsipan Penting untuk Selamatkan Dokumen Penting

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com- DPRD Kota Balikpapan menggelar Rapat Paripurna terkait Jawaban Wali Kota terhadap pandangan umum fraksi DPRD Balikpapan atas Raperda tentang Penyelenggaraan Kearsipan, di ruang rapat gabungan komisi, pada Senin (5/4/2021).

Rapat Dipimpin Wakil Ketua DPRD Budiono didampingi Sabaruddin Panrecalle, Subari dan Plt Sekretaris DPRD Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana dan puluhan anggota DPRD.

Wali Kota Rizal Effendi dalam  penyampaian nota penjelasan mengatakan, bahwa arsip merupakan bagian identitas bangsa yang dapat berguna sebagai sarana penyelamat wilayah negara serta mampu berperan sebagai salah satu sarana permasatu bangsa.

Oleh karena itu perlu diselamatkan sebagai bukti penyelenggaran kegiatan kenegaraan, pemerintah dan kehidupan kebangsaan yang terekam dalam arsip sehingga dapat bermakna sebagai simpul pemersatu bangsa dan menjadi bagian dari identitas bangsa.

Ia menjelaskan, pentingnya penyelenggara kerarsipan dalam pemerintah dan kehidupan berbangsa dan bernegara karena arsip merupakan salah satu sumber informasi yang dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Perda tentang kearsipan, akan memberikan kepastian hukum dalam penyelenggaran kearsipan,” kata Rizal Effendi.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Budiono kepada awak media usai rapat parpurna mengatakan,  setelah Walikota selesai menyampaikan jawaban pandangan fraksi atas Raperda Penyelenggaran Kearsipan dilanjutkan penandatangan tingkat  bersama pimpinan DPRD dan Wali kota.

“Ini nantinya akan disampaikan kepada Gubernur Kaltim untuk dilakukan evaluasi. Apabila hasil evaluasi sudah disetujui oleh Gubenur, maka akan dilakukan pendapat akhir fraksi di DPRD Kota Balikpapan terkait Raperda Kearsipan,” katanya. Budiono menegaskan,  Raperda Kearsipan sangat penting untuk menyelamatkan dokumen-dokumen penting. “Apabila Raperda Penyelenggaran Kearsipan menjadi Perda maka perlu diperhatikan tentang SDM dan sarana-prasaran menunjung kegiatan tersebut. Karena nantinya dokumen akan berubah dari kertas menjadi paperlis.(sb-03).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

304 views

Berita terkini