Manfaat Silaturahmi dalam Islam

Menyambung Tali Siltaurrahmi sangat dianjurkan dalam Islam. Tak hanya ibadah, solat, puasa dan berdzikir saja yang penting dilakukan namun juga bersilaturrahmi antar sesama manusia. Tak hanya bersilaturrahmi dengan sanak saudara saja namun juga dengan sesama manusia lainnya. Menjalin silaturahmi adalah salah cara mewujudkan ukhuwah islamiyah. Datang berkunjung, menjalin komunikasi dan saling bertegur sapa adalah salah satu bentuk menyambung silaturahmi. Jadi tak hanya berkunjung saja.
Begitu banyak manfaat silaturahmi. Selain membuat orang lain yang kita kunjungi merasa senang, silaturahmi juga memiliki banyak keutamaan. Diantaranya memperluas pengetahuan karena dalam silaturahmi kita bisa saling sharing tentang ilmu, tentang ajaran kehidupan dan lain sebagainya. Manfaat Silaturahmi juga bisa memperpanjang umur dan mendatangkan banyak rezeki.
Salah satu bukti keimanan kita kepada Allah adalah dengan menjalin tali silaturrahmi. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra yang artinya :
“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya, dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maha hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi”
Memperpanjang Umur dan Memperluas Rezeki
Sesuai dengan sebuah hadist, manfaat silaturahmi adalah untuk menyambung umur dan juga mendatangkan rezeki sebagaimana bunyi hadist tersebut :
“Barangsiapa yang senang diluaskan rizqinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi”
Sehingga orang yang biasa mengunjungi sanak saudara, teman dan kerabatnya maka akan diberikan kelancaran rezeki oleh Allah. Mengapa? Dalam sebuah silaturahmi pasti ada saling memberi dan menerima, ada yang menjamu makanan, minuman, dan yang datang berkunjungpun pasti membawakan sesuatu oleh-oleh misalnya sehingga inilah yang sejatinya bisa menambah rezeki. Saling memberi sedekah dapat meluaskan pintu rezeki.
Menghubungkan Manusia dengan Allah SWT
Manfaat Silaturahmi lainnya yaitu terhubung dengan Allah SWT. Menyambung tali silaturahmi sama dengan menyambung hubungan dengan Allah SWT sebagaimana disebutkan hadist yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra ia berkata sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda yang artinya :
“Sesungguhnya Allah SWT menciptakan makhluk, hingga apabila Dia selesai dari (menciptakan) mereka, rahim berdiri seraya berkata: ini adalah kedudukan orang yang berlindung dengan-Mu dari memutuskan. Dia berfirman: “Benar, apakah engkau ridha jika Aku menyambung orang yang menyambung engkau dan memutuskan orang yang memutuskan engkau?” Ia menjawab: iya. Dia berfirman: “Itulah untukmu”
Didekatkan dengan Surga dan Dijauhkan dari Neraka
Manfaat Silturahmi lainnya yaitu untuk mendekatkan manusia dengan Surga Allah serta dijauhkan dari api neraka. Sebagaimana hadist Rasul yang artinya :
“Engkau menyembah Allah swt dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi” (HR Bukhari dan Muslim)
Juga dalam sebuah riwayat : “Jika dia berpegang dengan apa yang Kuperintahkan kepadanya niscaya ia masuk surga.”
Sedekah Dengan Keluarga Sendiri Berbeda Dengan Sedekah Kepada Orang Lain
Mengunjungi sanak saudara dan bersedekah adalah salah satu perbuatan mulia dan memiliki faedah yang besar. Bersedekah kepada keluarga lebih diutamakan daripada bersedekah kepada orang lain dan bisa menghindari dari perbuatan riya. Bersedekah kepada keluarga dan orang lain kemudian menceritakannya atau riya adalah salah satu dari hal-hal yang menghapus amal ibadah sedekah tersebut. Itulah beberapa manfaat silaturahmi yang bisa anda ketahui menurut pandangan Islam. Semoga bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk terus menyambung ukhuwah dan silaturahmi antara keluarga, sanak saudara dan juga tetangga. Hidup rukun dan damai adalah hidup berkah yang diajarkan oleh agama Islam.(sb-01)