by

Rizal Apresiasi Pertamina, Tanam Ribuan Bibit Mangrove di Margomulyo

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Pertamina Integrated Terminal (IT) Balikpapan melakukan penanaman 2.000 bibit mangrove di kawasan konservasi Margomulyo, Balikpapan Barat, pada Jumat (24/07/2020).
Kegiatan penanaman mangrove tersebut dihadiri Wali Kota Rizal Effendi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Suryanto, Manager Supply & Distribution (S&D) Pertamina Region Kalimantan, Hariyansyah.
Hariyansyah mengatakan, penanaman mangrove tersebut merupakan komitmen Pertamina IT Balikpapan dalam membangun kawasan konservasi Mangrove Margomulyo.
“Pada tahun 2018 Pertamina IT Balikpapan telah melakukan penanaman 5.000 pohon mangrove, serta membangun rumah edukasi mangrove di kawasan mangrove Margomulyo,” kata Hariyansyah.
Pada tahun 2019, Pertamina juga telah memberikan bantuan perahu kepada Kelompok Tani Tepian Lestari untuk melakukan pengawasan dan pemeliharaan kawasan Margomulyo dari sampah yang terbawa arus laut.
Region Manager Communication, Relation & CSR Kalimantan, Roberth M.V. Dumatubun mengatakan, penanaman mangrove tersebut merupakan salah satu program CSR IT Balikpapan di bidang lingkungan untuk menunjang pencapaian PROPER Emas Pertamina IT Balikpapan.
“Tidak hanya menambah jumlah pohon mangrove melalui penanaman bibit baru, Pertamina juga melakukan pemeliharaan secara berkala untuk memastikan bibit yang telah ditanam bisa tumbuh dengan baik,”kata Roberth. Kegiatan ini juga untuk menyambut peringatan hari mangrove sedunia pada 26 Juli.
Sementara itu, Wali Kota Rizal Effendi mengapresiasi kontribusi Pertamina dalam menjaga kawasan konservasi Margomulyo. Menurut Rizal, hutan mangrove memiliki peran sangat penting dalam menjaga kondisi lingkungan dari abrasi, sekaligus memperkaya ekosistem sekitarnya.
Rizal menambahkan, khusus wilayah Margomulyo, keberadaan pohon mangrove menjadi ekosistem alami untuk hewan Bekantan yang merupakan hewan khas Kalimantan.
Rizal mengharapkan agar bantuan dari Pertamina tersebut semakin meningkatkan minat masyarakat untuk berkunjung ke Margomulyo sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga ekosistem mangrove.(sb-02)

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed