by

RMC Bentuk Badan Usaha Penyaluran Zakat Menggunakan ATM

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com–Yayasan Rahmad Mas’ud Center (RMC) akan membentuk badan usaha penyaluran zakat untuk masyarakat yang diberi nama Usaha Miliki RT (UMRT).
“Sudah 500 RT yang terdaftar untuk mengikuti program penyaluran zakat berupa beras murah dari RMC,” kata Rahmad Mas’ud, kepada media ini, kemarin.
Menurutnya, selain warga mendapatkan beras murah, pihak RT juga mendapatkan keuntungan. “Inilah program dari kami (RMC). Mudah-mudahan zakat dari kami ini selalu diberikan kepada yang berhak menerimanya,” ujar Wakil Wali Kota Balikpapan ini.
Melalui program tersebut, bukan hanya membantu warga yang membutuhkan, tapi juga membuka lapangan kerja bagi RT, sehingga memiliki penghasilan di luar Dana Operasional (DO) dari Pemerintah Kota Balikpapan.
“RT juga bisa menjadi pelaku usaha serta dapat membantu warga yang lain untuk mendapatkan sembako murah,” terangnya.
Rahmad juga memohon maaf agak terlambat menyalurkan zakat. Karena rencananya akan membuatkan kartu ATM bagi masyarakat yang akan menerima, hanya saja pihak bank memiliki keterbatasan untuk mencetak kartu ATM.
“Seharusnya pihak bank mencetak sekitar 40 ribu ATM, tetapi kemampuanya hanya 9.000 lebih makanya tidak bisa kita bagikan karena masih terbatas,” akunya.
Rencananya setelah habis Lebaran kartu ATM yang tercetak akan dibagikan. Jadi ketika ada penyaluran zakat maka masyarakat tinggal mengambil langsung lewat ATM.
”Kartu itu untuk bapak ibu yang berhak menerimanya. Kalau bantuan uang tunai nanti cek di saldo ATM bapak ibu inshaalah akan masuk langsung,” ujarnya.
Selain itu, program zakat ini akan dimaksimalkan bagi yang membutuhkan modal kerja.
“Jadi dengan memperlihatkan kartu tersebut inshaallah ada kemudahan untuk memperoleh modal kerja. Karena kita akan menghindari bapak-ibu sekalian dari rentenir dan dari riba. Semoga program ini bermanfaat bagi kita semua,” harapnya.(sb-02) 

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed