by

Saran KPU Buat Caleg, Tatap Muka dan Blusukan Lebih Efektif

-Uncategorized-0 views

Balikpapan-Komisi Pemilihan Umum (KPU) gencar melakukan sosialisasi terhadap pelaksanaan kampanye kepada partai politil (parpol). Salah satunya dengan memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada 80 calon anggota legislatif (caleg) Partai Berkarya, di Hotel Pacifik, Sabtu (27/10/2018) pagi.
Menurut Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha, materi bimtek yang diberikan yakni mengenai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Kampanye Pamilu, PKPU Nomor 28 Tahun 2018 dan PKPU Nomor 33 Tahun 2018.
“Yang kami tekankan dalam pembekalan kali ini yakni mengenai pemasangan alat peraga kampanye (APK) di jalan-jalan protokol maupun tempat-tempat strategis lainya,” kata Noor Thoha, kepada Suara Balikpapan, lewat telepon selulernya, Minggu (28/10/2018).
Menurutnya, pemasangan APK harus di tempat yang telah sesuai dengan kesepakatan bersama antara KPU dan pemerintah kota.
“Jadi APK yang dipasang telah ditandai dengan barcode oleh Kesbangpol. Kalau tidak dicopot oleh Satpol PP dan Bawaslu,” akunya.
Ia menjelaskan, bagi APK yang dipasang di fasilitas umum akan dicopot oleh Satpol PP. Seperti di tiang listrik, pohon, sekolah, tempat ibadah serta fasilitas umum lainnya.
“Pokoknya kalau dipasang di fasum pasti dicopot Satpol PP,” tandasnya.
Pemasangan APK di jalan-jalan diakui Noor Thoha, sebenarnya kurang efektif karena kurang diperhatikan para pemilih. “Apalagi di jalan protokol dengan arus kendaraan cukup cepat, nggak mungkin pengendara mau lirik kiri maupun lirik kanan. Pengendara pasti konsentrasi pada setir,” terangnya.
Thoha menilai yang paling efektif dan berdampak para caleg melakukan tatap muka kepada pemilih untuk memperkenalkan diri sekaligus memaparkan visi dan misi sebagai calon anggota legislatif.
“Saya sarankan lebih baik blusukan untuk bertatap muka dengan para pemilih. Itu yang efektif bukan pasang poster di tiang listrik atau di pohon,” usulnya.(sb-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 views