by

Satgas MPA Kecamatan Long Ikis Terbentuk, Antisipasi Dini Musibah Kebakaran Permukiman dan Hutan

TANA PASER -Untuk mengantisipasi musibah kebakaran permukiman dan hutan di Kecamatan Long Ikis maka telah dibentuk Satgas Masyarakat Peduli Api (MPA), Rabu (24/3/2021). Satgas MPA ini melibatkan sejumlah elemen dan organisasi masyarakat di Kecamatan Long Ikis diantaranya Damkar, KNPI, Pemuda Pancasila, Srikandi Pemuda Pancasila,  Persidum Pemuda Indonesia, Banser, Arci Chap Paser, i-Care, KPA, BPK, Dipasana dan KRI.

“Jadi Satgas MPA yang dipimpin Rakhmad ini melibatkan beberapa elemen dan organisasi masyarakat di Kecamatan Long Ikis,” kata Camat Long Ikis, Lukman Darma, kepada media ini, Rabu (24/3/2021).

Ia menjelaskan, Satgas MPA  sangat diperlukan oleh masyarakat sebagai antisipasi dini untuk menanggulangi musibah kebakaran permukiman dan hutan. Nantinya setelah Surat Keputusan (SK) pembentukan Satgas MPA  terbit maka segera dilaksanakan pelatihan kebencanaan.

“Jadi nantinya masyarakat tahu apa yang dilakukan pertama kali ketika terjadi musibah kebakaran. Untuk itu, kegiatan Satgas MPA ini akan diteruskan hingga ke desa dan RT,” katanya.

Sementara itu, Ketua Satgas MPA Kecamatan Long Ikis, Rakhmad, mengatakan setelah SK terbit, kegiatan pertama  akan dilakukan  pelatihan tanggap bencana api dini, dibutuhkan kerjasama dan komunikasi yang intens agar dalam pencegahan penanggulangan bencana kebakaran bisa diatasi sedini mungkin.

“Pada intinya tujuan kegiatan pelatihan tanggap bencana api dini, untuk mengedukasi  masyarakat dalam pencegahan pertama bahaya api,” pungkasnya.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

145 views

Berita terkini