by

Sekretaris Komisi III DPRD Kaltim H Baba Sosialisasikan Perda Pajak Daerah, Hadirkan Narasumber Akademisi Untag Samarinda

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Anggota DPRD Kaltim Dapil Balikpapan dari Fraksi PDI Perjuangan H Baba, melakukan Sosialisasi Perda (Sosper) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Perubahan Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah, di Rumah Makan Eatbos, Sabtu (6/3/2021) .

Sosialisasi yang menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 tersebut  menghadirkan narasumber S. Roy Hendrayanto SH, M.Hum, akademisi Universitas 17 Agustus (Untag) Samarinda.

Sekretaris Komisi III DPRD Kaltim ini menjelaskan, tujuan sosialisasi  ini yaitu untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang Perda yang telah disahkan oleh DPRD dan Pemprov Kaltim.

“Sampai sekarang masih banyak perda yang telah dihasilkan oleh DPRD dan Pemprov Kaltim, tidak diketahui oleh masyarakat karena itu  perlu disosialisasikan,” kata H Baba.

Menurutnya sosialisasi Perda seperti ini baru pertama kali dilakukan di daerah pemilihan (dapil) masing-masing anggota DPRD Kaltim. Tetapi sebelumnya pernah dilaksanakan oleh DPRD Provinsi Sulawesi Selatan.

Sosialisasi Perda ini kata H Baba, rencananya akan rutin dilaksanakan setiap bulan di setiap kecamatan dan kelurahan di Balikpapan.

“Sosialisasi perda ini merupakan tanggung jawab anggota dewan  kepada masyarakat walaupun sedang menghadapi pandemi Covid-19,” ujarnya.

Mengenai Perda Pajak Daerah ini, H Baba menjelaskan, ada beberapa jenis yaitu Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB), Pajak Air Permukaan dan Pajak Rokok.

Ia menjelaskan, sesuai struktur APBD Provinsi Kaltim penerimaan yang bersumber dari pajak daerah cukup besar bagi Pemprov Kaltim sehingga mampu memberikan kontribusi sekitar 78 persen terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) atau 39 persen terhadap APBD Kaltim.

“Kedepan kami berharap Pemprov Kaltim ada inovasi  baru untuk meningkatan pendapatan daerah dari sektor pajak daerah ini,” pinta H Baba.

Sosialisasi  perda pajak daerah oleh Sekretaris Komisi III DPRD Kaltim H Baba menerapkan protokol kesehatan Covid-19

Hal senada diungkapkan, akademisi Untag Samarinda, S. Roy Hendrayanto SH, M.Hum, ia mengatakan, sosialisasi Perda oleh DPRD Kaltim kepada masyarakat sangat penting.

“Saya kira produk hukum yang dihasilkan DPRD dan Pemprov Kaltim perlu diketahui oleh masyarakat,” kata Roy Hendrayanto.

Menurutnya, anggota DPRD wajib memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang apa saja produk hukum yang telah dihasilkan oleh eksekutif dan legislatif.

“Masyarakat harus tau bahwa perda itu ada inisiatif dari DPRD dan ada juga inisiatif dari pemerintah daerah,” terangnya.

Roy berharap dengan sosialisasi pajak daerah dari anggota DPRD Kaltim ini masyarakat akan mengetahui pentingnya membayar pajak guna menunjang kegiatan pembangunan di daerah.(sb-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

34 views

Berita terkini