by

Semoga Pertanda Baik ! Hujan Es Melanda Dua Desa di Kabupaten Paser

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Hujan es melanda Desa Simpang Pait dan Desa Lombok,  Kecamatan Long Ikis, Kabupaten Paser,  Kalimantan Timur,  Rabu (2/3/2021) sekira pukul 17.00 Wita. Butiran es turun saat hujan yang disertai kilat terjadi kurang lebih 90 menit.

Salah seorang warga Desa Simpang Pait, Firman mengatakan, butiran es yang turun sepengetahuanya belum pernah terjadi di Paser dan besarnya seperti kerikil.

“Hujan es di Simpang Pait. Saya kira baru kali ini terjadi,” kata Firman, kepada media ini, Rabu (2/3/2021).

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Paser, Edward Effendi, ketika dikonfirmasi media ini mengaku,  belum mendapat informasi terkait fenomena hujan es di Desa Simpang Pait dan Desa Lombok.

“Saat ini kami masih mengumpulkan informasi, sebab kami belum dapat kabar, coba nanti saya tanyakan dulu ke anggota,” kata Edward Effendi.

Butiran es di Kabupaten Paser sebesar batu kerikil

Hal senada diungkapkan, Kapolsek Long Ikis, Iptu Hermawan, ia  juga mengaku belum mendapat laporan terkait peristiwa langkah tersebut.

“Belum monitor mas, kebetulan saya tidak berada di Polsek. Saya masih ada giat di Polda Kaltim sampai hari kamis,” kata Iptu Hermawan, lewat pesan WhatsApp (WA), Selasa (2/3/2021).

Menurut pengamat cuaca, Ilham RF, butiran es padat yang turun termasuk dalam fenomena cuaca ekstrem yang terbentuk oleh awan Cumulonimbus (CB) yang signifikan.

“Awan ini terdiri dari tiga macam partikel yang meliputi butir air, butir air super dingin, dan partikel es,” kata Ilham.

Mengenai hujan es di Kecamatan Long Ikis, menurutnya, perlu data dan waktu lanjutan untuk dapat mengetahui berapa ketinggian freezing level atau suhu udara bernilai nol derajat Celsius pada saat kejadian.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memperingatkan masyarakat soal cuaca ekstrem yang melanda hampir di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di wilayah Kaltim yakni hujan lebat disertai petir akan terjadi selama pekan ini.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

406 views

Berita terkini