by

Semua Pegawai Setkab PPU Akan Dirapid Test, Lantaran Seorang Pejabat Positif Corona

PENAJAM,suarabalikpapan.com-Seorang pejabat di lingkungan Sekretariat Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), terkonfirmasi positif Covid-19. Pejabat tersebut, menduduki jabatan sebagai tenaga ahli bupati. Saat ini, sedang menjalani perawatan di salah satu Rumah Sakit di Balikpapan.
“Saya tahu (hasil swabnya) hari ini (14 Agustus) dari provinsi. Informasinya dia masuk databasenya Balikpapan bukan PPU. Tapi kita coba terus konfirmasi, apakah masuk database PPU atau Balikpapan,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 PPU, Arnold Wayong, Jumat (14/08/2020).
Terkait penyebab terpaparnya tenaga ahli itu, Arnold yang juga kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PPU, tidak mengetahui secara pasti. Namun, dengan adanya kasus positif di kantor Setkab, pihaknya akan menggelar rapid test massal bagi seluruh pegawai.
Terlebih pasien tersebut diduga kontak erat dengan anaknya yang merupakan ASN di kantor Setkab. Sehingga, sangat berpotensi ikut terpapar. Sementara anaknya yang bertugas di bagian Pembangunan, sudah menjalani isolasi mandiri.
“Minggu depan kita lakukan rapid test massal di kantor Setkab. Ya ada kemungkinan kontak dengan pegawai lainya. Tidak bisa langsung, karena tenaga kita juga terbatas,” ungkap Arnold.
Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Pemkab PPU, Ahmad, mengaku masih menunggu jadwal dari Dinas Kesehatan untuk pelaksanaan deteksi dini atau rapid test Covid-19 secara massal.
“Kami akan rapatkan dulu dengan asiSten apa langkah-langkah kedepan, bisa saja setelah itu akan ada rapid test bagi seluruh pegawai,” terang Ahmad, Jumat (14/08/2020).
Selain deteksi awal pencegahan melalui rapid test, upaya lain yang akan dilakukan adalah dengan mensterilisasi ruangan hingga perketat akses masuk. Rencana penutupan atau penghentian kegiatan kerja pegawai di lingkup Setkab, tidak diberlakukan.
“Kita lihat dulu, kalau masih satu orang kita masih bisa antisipasi dengan melakukan penyemprotan desinfectan. Protokol kesehatan pencegahan Covid akan kita perketat, seperti penggunaan masker dan akses masuk melalui bilik,” jelasnya.
Rapid test akan dilakukan bagi sekitar 150 orang pegawai PNS maupun non PNS yang bekerja di lingkup kantor sekretariat.
Total kasus terkonfirmasi positif Covid di PPU hingga saat ini berjumlah 37 orang, dengan rincian 24 orang telah dinyatakan sembuh, 9 orang masih dalam perawatan.(sb-07)

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed