by

Setiap OPD Harus Paham Aplikasi Pelayanan Publik

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com- Dinas Komunikasi dan Informatika Kota (Diskominfo) Kota Balikpapan baru saja menggelar Sosialisasi Standar Pengembangan Aplikasi dan Pemanfaatan Data Center, di Ruang Rapat Bappeda Litbang, Kamis (14/11/2019) lalu.
Menurut Kepala Bidang e-Government, Diskominfo Kota Balikpapan, Adamin Siregar, sosialisasi yang diikuti seluruh OPD di lingkungan Pemkot Balikpapan tersebut agar pemerintah kota memahami pengembangan aplikasi layanan publik sesuai Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)
Adamin mengatakan, melalui Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE, bahwa layanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah akan berbasis elektronik.
Dengan begitu dalam pengembangan aplikasinya harus memiliki standar tertentu sehingga dapat dilaksanakan evaluasi untuk peningkatan pelayanan.
Untuk itu, Pemerintah Kota Balikpapan telah mengeluarkan regulasi terkait standar pengembangan dan pemeliharaan aplikasi melalui Keputusan Wali Kota Balikpapan Nomor 188.45-335/2019 tentang Standar Pengembangan dan Pemeliharaan Aplikasi Kota Balikpapan.
“Regulasi tersebut dikeluarkan sebagai pedoman perangkat daerah dalam melakukan pengembangan dan pemeliharaan sistem informasi di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan agar menghasilkan SPBE yang terintegrasi,” katanya.
Adamin menuturkan, dalam regulasi tersebut telah diatur kewajiban yang dilakukan oleh pihak terkait dalam pengembangan dan pemeliharaan aplikasi, mulai dari pemilik proses bisnis, pengembang aplikasi, pemelihara aplikasi, pelaksana pengendalian mutu, hingga pengguna aplikasi.
“Misalnya, bagi pemilik proses bisnis berkewajiban membuat Kerangka Acuan Kerja (KAK) apabila pemilik proses bisnis melakukan pengembangan aplikasi secara mandiri baik swakelola atau melalui pihak ketiga, dan beberapa kewajian lain yang harus dipenuhi oleh pihak-pihak terkait untuk dilaksanakan,” pungkasnya.(sb-02)

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed