by

Soal Sengketa Tanah Adat Sambu Desa Rantau Panjang, Hendrawan : Kedua Kubu Sepakat Menyerahkan ke Kesultanan Paser

TANAH PASER,suarabalikpapan.com-Komisi I DPRD Kabupaten Paser menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Pengadilan Negeri  (PN) Tanah Grogot, Lembaga ASAP Paser, Kesbangpol, di ruang rapat Bapekat DPRD Paser, pada Kamis (1/4/2021). RDP membahas tentang surat keputusan penyelesaian Tanah Adat Sambu, di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Tanah Grogot yang diperebutkan dua kubu.

Rapat dipimpin  Ketua Komisi I Hendrawan Putra didampingi anggota Komisi I Aji Muhamad Jarnawi, Hamransyah,  Plt Asisten III Hulaimi, Kabag Ops Polres Paser Sarman dan perwakilan PN Tanah Grogot.

Ketua Komisi I DPRD Paser Hendrawan Putra mengaku, bersyukur sebab kedua kubu sepakat permasalahan ini diserahkan ke pihak Kesultanan Paser dengan jalan musyawarah dan mufakat, karena saat rapat berlangsung kedua kubu merasa sama-sama memiliki hak atas lahan tersebut.

“Kami dari Komisi I DPRD Paser mengharapkan persoalan ini segera selesai dan tidak berlarut-larut dan alhamdulillah telah ada kesepakatan dari pihak yang berkonflik dan kami setuju untuk melimpahkan ke pihak Kesultanan Paser,” jelasnya.

Sementara itu, anggota Komisi I DPRD Paser yang juga Sultan Paser Aji Muhamad Jarnawi mengatakan, permasalahan lahan ini diselesaikan secara musyawarah dan mufakat melalui Kesultanan Paser, dan pihaknya bersyukur dua kubu yang berkonflik telah sepakat diselesaikan melalui Kesultanan Paser. Untuk itu, Ia akan memanggil para ahli waris yang benar benar ahli waris untuk duduk bersama berbicara dari hati ke hati.

“Saya selaku Sultan Paser bisa menyelesaikan dengan arif, bijaksana dan adil terhadap  kedua belah pihak yang sedang berseteru,” ujar Jarnawi.

Pihak Kesultanan Paser berencana  secepatnya menyelesaikan permasalahan ini dengan meminta DPRD Paser untuk dapat memfasilitasi tempat bermusyawarah dengan kedua kubu.

“Gedung ini rumah rakyat mari kita manfaatkan untuk kepentingan bersama serta menjamin keamanannya,” pintanya.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

254 views

Berita terkini