by

Tahun Ini, Pemkab Paser Belum Alokasikan Anggaran untuk Beasiswa

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Pemerintah Kabupaten Paser belum menganggarkan beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa pada APBD-P 2021 lantaran adanya refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

Plt Kepala Bagian Kesra Pemkab Paser, Alwi Tjae, mengatakan, untuk anggaran beasiswa sebenarnya telah dianggarkan pada APBD 2020, namun akibat pandemi Covid-19, dana yang telah disiapkan sebagaimana mestinya harus di hapus sebab anggaran Kesra di APBD 2021 hanya sekitar Rp1,2 Miliar.

“Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) memberikan anggaran lebih kecil dari pada 2020, pagu anggaran awal  kami di 2021 untuk Kesra Rp1,2 Miliar, itupun bukan untuk beasiswa,”ungkap Alwi, kepada media ini, Senin (22/3/2021).

Dari anggaran yang tersedia saat ini, ia mengatakan, hanya untuk kegiatan rutin seperti memfasilitasi kegiatan haji, itu pun anggarannya membutuhkan biaya sekitar Rp800 juta, ditambah lagi untuk pembayaran da’i dari pembangunan, sisanya untuk operasional Kesra. “Kita tidak bisa berbuat banyak terkait beasiswa di tahun 2021 ini karena terkena refocuing/pemangkasan anggaran untuk covid 19,” terangnya.

Disinggung, mengenai anggaran beasiswa bisa masuk di anggaran APBD Perubahan 2021, ia mengatakan, tergantung yang memberikan anggaran. Yang jelas pihaknya selalu mengajukan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh kesra, namun lagi-lagi  tergantung dari kemampuan anggaran daerah. “Kita lihat saja nanti yang jelas kami selalu mengajukan program-program yang berkaitan dengan kesra,” tegasnya

Ia menegaskan, untuk  tahun 2022 mungkin bisa dianggarkan dikarenakan sudah permintaan awal untuk mengajukan Ranual Rencana Kerja (Renja), sebab pihaknya telah mengajukan semua yang menjadi program kerja Bupati dan Wakil Bupati terpilih yang berkaitan dengan kesra.

Saat ini usulan yang telah di rencanakan salah satunya untuk beasiswa dan di perkirakan anggaran yang disediakan berkisar Rp 2 miliar dan hanya diperuntukkan untuk mahasiswa saja. Apabila anggaran itu berkaitan juga dengan beasiswa yang akan diberikan kepada para pelajar, dari pihak Kesra akan membahas bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Paser.

“Karena di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai anggaran 20 persen bisa kita ambil dari itu, makanya kami akan berkomunikasi terkait beasiswa ini,” pungkasnya.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

124 views

Berita terkini