by

Target Pemilih 77,5 Persen, KPU Kerja Keras di Pilkada Balikpapan

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan menargetkan 77,5 persen target partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Balikpapan yang akan digelar Rabu 9 Desember 2020.
Komisioner KPU Balikpapan Syahrul Karim mengatakan, dari tiga kali Pilkada di Kota Balikpapan angka partisipasi pemilih tidak pernah mencapai 60 persen dan yang tertinggi pada tahun 2015 yaitu 59,6 persen.
“Hal ini merupakan tantangan KPU untuk mengajak masyarakat Balikpapan untuk datang ke TPS. Apalagi aktivitas KPU saat ini masih dibatasi, harus menjaga jarak dan harus tetap menggunakan masker. Untuk menghindari hal hal tersebut maka KPU fokus kepada sosialisasi secara online,” kata Syahrul.
“Dari survey yang dilakukan KPU secara internal ditemukan bahwa 99,9 persen masyarakat Balikpapan sudah menggunakan media sosial (medsos) dan kanal informasi itulah yang akan digunakan oleh KPU untuk menyalurkan informasi terkait dengan tahapan penyelenggaraan Pilkada 2020,” kata Syahrul, kepada media ini, Sabtu (27/06/2020).
Mengenai Orientasi Tugas yang dilaksnakan oleh KPU, Syahrul menuturkan, hal ini merupakan penekanan kepada seluruh badan Ad Hoc untuk bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku yang merujuk kepada Undang Undang KPU Nomor 07 tahun 2017 dan PKPU Nomor 05 Tahun 2015 tentang tahapan Pilkada lanjutan.
Syahrul menambahkan PKPU Nomor 05 Tahun 2015 tentu menyangkut protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Minimal setiap melakukan interaksi dengan publik atau dalam melayani masyarakat wajib menggunakan prosedur protokol kesehatan covid-19,” pungkasnya.(sb-02)

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed