by

Terpilih Aklamasi, Ropi’i Kembali Pimpin PWI Paser

TANAH PASER,suarabalikpapan.com-Ropi’i Wartono terpilih kembali sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Paser untuk periode 2020 – 2023.
Ropii terpilih secara aklamasi melalui Konferensi Cabang (Konfercab) PWI Paser 2019, di Gedung PKK Kabupaten Paser, Sabtu (25/01/2020)
Sementara itu, Ropi’i Wartono usai terpilih sebagai Ketua PWI Paser mengatakan, ada beberapa pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan oleh organisasi awak media yang baru saja dipimpinya ini, terutama mempersiapkan regenerasi pengurus PWI di Kabupaten Paser sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN).
“Ada beberapa poin penting yang harus dikerjakan. Seperti mempersiapkan regenerasi pengurus PWI kedepan dengan merangkul teman-teman wartawan agar bergabung di PWI,” kata pria kelahiran Brebes, Jawa Tengah 19 November 1974 ini.
Selain itu, dirinya juga akan memberikan pembinaan kepada rekan-rekan wartawan yang tergabung pada PWI agar menjadi wartawan yang profesional dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistiknya.
“Ada 15 media dan 18 wartawan yang tergabung dalam PWI Paser, tapi belum semuanya mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Jadi target kami selanjutnya semua wartawan harus mengikuti UKW,” pinta alumni Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Bhayangkara Jakarta ini.
Hal senada diungkapkan Wakil Ketua PWI Kaltim Bidang Organisasi Achmad Ridwan, ia mengatakan, ada dua syarat untuk menjadi pimpinan organisasi PWI. Yaitu, merupakan anggota biasa PWI dan memiliki sertifikat UKW.
“Beruntunglah di Paser ini sudah ada PWI, karena mendirikan kepengurusan PWI di Kabupaten/kota tidak mudah, minimal tiga orang sudah menjadi anggota biasa di PWI,” kata Direktur Samarinda TV ini.
Menurut Ridwan, masih ada kabupaten yang belum memiliki kepengurusan PWI. Seperti Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kutai Barat (Kubar), dan Mahakam Ulu (Mahulu). Dari catatanya dari 340 wartawan yang tersebar di 10 kabupaten/kota di Kalimantan Timur baru 306 yang sudah mengantongi sertifikat UKW. Sehingga ia berharap agar ketua PWI terpilih memprioritaskan pengkaderan dan peningkatan kapasitas wartawan yang ada di Kabupaten Paser.
“Harapan kami UKW jadi program prioritas bagi ketua terpilih, karena wartawan harus teruji. Ajaklah teman-teman wartawan lain untuk bergabung di PWI,” pintanya.

TAMU ISTIMEWA:Para undangan yang hadir dalam acara Konfercab PWI Kabupaten Paser 2019

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Paser Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Boy Susanto yang mewakili Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi dalam sambutanya mengatakan, wartawan merupakan mitra pemerintah dalam menyampaikan pesan pembangunan dan kebijakan pemerintah kepada masyarakat.
“Profesi wartawan sangat dibutuhkan sebagai gerbang komunikasi pemerintah dengan masyarakat dan begitupula sebaliknya,” kata Boy sapaan akrab Boy Sutanto.
Bupati juga mengingatkan kepada setiap insan pers agar tidak melalaikan ketepatan dan keakuratan informasi di era digitalisasi.
“Jadi apabila dalam menyampaikan berita harus akurat sehingga masyarakat tidak meragukan kebenarannya alias hoax,” tuturnya.
Konfercab kali ini mengangkat tema “Menuju Profesionalisme Wartawan Menyongsong Paser sebagai Penyangga Ibukota Negara” ini dihadiri Staf Ahli Bupati Paser Boy Susanto, Wakil Ketua PWI Kaltim Bidang Organisasi Achmad Ridwan, dan Sekretaris PWI Kaltim Wiwid Marhaendra Wijaya, kemudian perwakilan Polres Paser, Kejaksaan Negeri Paser, Ketua Bawaslu Paser, Anggota KPU Paser, organisasi mahasiswa Paser serta sejumlah awak media.(sb-06)
banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed