by

Thohari : Perwali Protokol Kesehatan Covid-19 Perlu Dikonsultasikan dengan Dewan

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com–Pemerintah Kota Balikpapan perlu berkonsultasi dengan DPRD terkait rencana penerbitan Peraturan Wali Kota (Perwali) yang mengatur sanksi pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.
“Perwali sebaiknya dikonsultasikan dengan DPRD walaupun itu kewenangan Pak Wali Kota. Jadi alangkah baiknya di konsultasikan dulu dengan kami,” ujar Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Thohari Aziz, kepada media ini, pada Kamis (13/08/2020).
Kendati demikian dia mengaku, setuju dengan penerapan sanksi bagi warga maupun dunia usaha yang melanggar protokol kesehatan.
“Denda untuk mendisiplinkan masyarakat, saya pikir perlu kita pertimbangkan,” ujarnya.
Apalagi lanjut Dia, dengan keluarnya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.
“Karena disiplin itu kadang harus sedikit dipaksakan, ada sanksi. Kan ada Inpresnya,” ujar Ketua DPC PDIP Kota Balikpapan ini.

Dia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar mengikuti imbauan Pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan. “Karena selama kesadaran masyarakat ini belum dijalankan wabah ini akan sulit diatasi artinya mari kita patuhi. Saya mengajak konstituen saya, masyarakat Balikpapan ayo kita dukung Pemerintah Kota, arahan Pak Wali Kota, arahan dari Ketua DPRD, arahan dari Gugus Tugas kita ikuti tentang jaga jarak dan selalu menggunakan masker,” pintanya.
Dia juga mengajak masyarakat untuk aktif berolahraga dengan tidak keluar rumah jika tidak ada yang penting. “Olahraga teratur, selalu cuci tangan dengan sabun, karena ini penting, kalau tidak Covid-19 sulit diatasi,” tandasnya.
“Di dalam rumah juga jangan terlalu ngumpul dengan orang rumah, ada jaga jarak. Saya pikir kalau kita pakai masker ringan saja kan. Masker itu bisa menjaga keselamatan kita 60 persen. Jadi selalu gunakan masker saat keluar rumah,” pungkasnya.(sb-02) 

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed