by

Tim 11 Kecewa Banyak Pekerja Lokal Tidak Diakomodir di Proyek RDMP, Siap Gelar Aksi Massa

CARI SOLUSI:Pertemuan Tim 11 dan Pertamina di Resto De’Bandar.

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-sebanyak 31 organisasi masyarakat (ormas) yang tergabung dalam Tim 11 melakukan pertemuan dengan PT Pertamina dan sub kontraktor, di Resto De’Bandar, pada Senin (2/12/2019).
Ketua Presedium Tim 11 Andin Samsyir mengatakan, pertemuan ini membahas mengenai jumlah tenaga kerja lokal yang harus diakomodir oleh Pertamina untuk dipekerjakan pada proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) kilang Balikpapan.
“Pada tanggal 9 Februari 2018 kami menyerahkan 3.016 calon tenaga kerja kepada Dinas Tenaga Kerja Balikpapan yang disaksikan Walikota Balikpapan, Disnaker Balikpapan, Kapolres, Dandim, Danlanud, Danlanal, juga pimpinan proyek RDMP Pertamina Joko. Tapi sampai saat ini yang diproses baru 21 orang,” kata Andin Syamsir.
Meskipun pihak Pertamina RU V telah menganjurkan kepada kontraktor dan sub kontraktor untuk mempekerjakan tenaga kerja lokal. Namun, sampai saat ini instruksi tersebut di abaikan pimpinan proyek RDMP.
“Ironisnya lagi banyak perusahaan terkait kontrak pekerjaan RDMP tidak memasang plang nama perusahaan. Apabila dalam mediasi ini tidak ada titik terang atau kesepakatan, maka dalam waktu dekat kita akan melakukan aksi massa cukup besar,” ujar Andin.
Sementara itu, Pjs. Region Manager Communication & CSR Pertamina Kalimantan, Cecep Supriyatna berharap pertemuan tersebut ada solusi.
“Saya kira Pertamina RDMP paling memahami apakah benar tidak mempekerjakan warga lokal atau banyak merekrut pekerja dari luar daerah. Kami dari Pertamina RU V tidak terlalu mengerti mengenai hal ini. Jadi yang seharusnya yang lebih memahami persoalan ini adalah Pertamina RDMP bukan Pertamina RU V. Kami berharap ada solusi dan informasi terbuka supaya sama-sama mengetahui berapa jumlah pekerja lokal yang sudah terserap dan yang belum,” kata Cecep.
Untuk itu, ia menyarankan, untuk mencari solusi persoalan ini semua yang terkait harus duduk bersama baik Pertamina RDMP, Disnaker Balikpapan dan pihak Tim 11.(sb-02).

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed