by

Tuban Apresiasi Pengembangan UMKM di Balikpapan

STUDI BANDING:Rombongan Komisi III DPRD Tuban saat mengunjungi DPRD Balikpapan.

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Rombongan Komisi III DPRD Kabupaten Tuban, Jawa Timur, dipimpin Wakil Ketua Andi Hartanto melakukan kunjungan kerja (kunker) ke DPRD Balikpapan, Jumat (15/11/2019). Kunker kali ini dalam rangka studi pengelolan bantuan dana bergulir melalui CSR bagi UMKM dan pemasaran hasil-hasil produknya.
Rombongan diterima Sekretaris DPRD Kota Balikpapan Abdul Azis didamping Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Balikpapan Rubangi.
Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Tuban, Hartomo mengatakan, pihaknya ingin mengetahui sejauh mana produk UMKM yang sudah dipatenkan Balikpapan. Termasuk bantuan dana bergulir untuk pembiayan produk UMKM oleh OPD terkait.
Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tuban Andi Hartanto memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Balikpapa melalui OPD terkait dalam mengembangkan UMKM di Balikpapan dengan mematenkan beberapa produk sehingga dapat didistribusikan kebeberapa ritel.
“Saya kira ini menjadi masukan bagi kami di Tuban untuk mengembangkan UMKM,” katanya.
Sementara itu, Kabid Koperasi dan UMKM, Pemkot Balikpapan Rubangi mengatakan, semua produk yang dikirim ke beberapa supermaket sudah dipatenkan. Di Balikpapan sudah ada koperasi menangani produk UMKM. Masalah pinjaman bisa melalui KUR (Kredit Usaha Rakyat) kepada bank terkait.
Mengenai pendanaan bagi pelaku UMKM ada yang dibina langsung oleh PT Angkasa Pura I, PT Telkom, Bank Indonesia dan PT Pertamina.
Hal senada diungkapkan Sekretaris DPRD Abdul Azis, ia mengatakan, saat ini DPRD Balikpapan terus berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan mempersiapkan Raperda Pajak Sistem Online. (sb-03).

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed