by

Uniba Kirim Tim Bantu Korban Banjir Kalsel

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Banjir besar di sejumlah wilayah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) telah menimbulkan kerugian materil dan korban jiwa.

Sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian terhadap para korban, pihak Universitas Balikpapan (Uniba) mengirimkan mahasiswanya untuk memberikan pertolongan dan bantuan kepada warga yang menjadi korban dan saat ini sedang berada di tempat pengungsian yang cukup aman.

Menurut Rektor Uniba Dr Isradi Zainal, saat ini sudah ada mahasiswa Uniba di Kalsel. Mahasiswa ini merupakan tim pertama kurang lebih enam orang. Mereka membantu warga yang menjadi korban banjir.

“Mahasiswa ini dari Mapala Uniba telah memberikan bantuan kepada korban banjir sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Nanti menyusul tim kedua yang akan berangkat Sabtu,” kata Isradi, Rabu (20/01/2021).

Isradi menjelaskan, bantuan Uniba terhadap korban banjir bukan hanya makanan dan minuman tetapi juga bantuan keilmuan terkait teknik sipil berupa rumah-rumah masyarakat tahan gempa atau upaya-upaya pencegahan banjir.

Mahasiswa dan dosen Uniba yang membantu korban banjir di Kalsel

“Jadi sesuai arahan Dikti bahwa kita akan membantu penyaluran keilmuan, misalnya desain rumah-rumah sederhana yang bisa digunakan oleh masyarakat yang menjadi korban banjir. Pokoknya kita akan membantu sesuai apa yang dibutuhkan masyarakat,” terangnya. 

Para mahasiswa akan bertugas di Kalsel sesuai dengan kondisi yang ada. “Yang pasti kita akan melihat kebutuhan apa yang mendesak di sana. Terus yang paling penting sesuai arahan LLDIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) bahwa bagaimana mengimplementasikan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” ujar Isradi.

Isradi menambahkan, pihaknya akan menghadap kepada Pembina Yayasan DWK Rendi Susiswo Ismail terkait pembahasan skema bantuan bagi korban bencana banjir di Kalsel.

“Selain berkomunikasi dengan pembina Pak Rendy, kami juga berkomunikasi dengan Kepala LLDIKTI Wilayah XI Profesor Udiansyah dan Dirjen Dikti untuk meminta petunjuk sekaligus mensinergikan kegiatan penanganan bencana. Inshaallah Uniba akan selalu peka terhadap penanganan bencana terutama bantuan kemanusiaan baik bantuan materil maupun bantuan keilmuwan,” pungkas Isradi.(rls/sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 views

Berita terkini