by

Vaksin Sinovac Tiba di Paser, Tahap Awal Untuk Tenaga Kesehatan

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Kabupaten Paser telah menerima jatah ribuan dosis vaksin Covid-19 Sinovac yang dikirim pada Selasa (26/1/2021). Vaksin yang diterima Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Paser, Amir Faisol tersebut langsung dibawa ke Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perbekalan Obat dan Alat Kesehatan Kabupaten Paser, di Puskesmas Desa Senaken, Kecamatan Tanah Grogot, dikawal oleh aparat kepolisian.

Amir Faisol berharap dengan adanya vaksin tersebut dapat membantu penanggulangan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Paser. Ia menegaskan, segera melakukan persiapan pelaksanaan vaksinasi.

“Ini menjadi satu harapan besar bagi kami. Semoga saja dengan vaksin ini bisa menjadi satu langkah awal untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Paser,” kata Amir Faisol, kepada media ini, ┬áSelasa (26/1/2021).

Untuk tahap awal ini, ia mengatakan, akan diperuntukkan bagi tenaga medis di wilayah Kabupaten Paser. Sementara itu untuk tahap selanjutnya akan diperuntukkan bagi petugas pelayanan masyarakat.

“Vaksin yang datang pertama sekarang ini, akan diperuntukkan bagi petugas medis di wilayah Kabupaten Paser. Selanjutnya baru akan diberikan kepada petugas yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat,” terangnya.

Sebanyak 3.600 dosis vaksin sinovac nantinya akan diberikan kepada 1.800 tenaga medis. Hal tersebut dikarenakan pelaksanaan pemberian vaksin akan dilakukan sebanyak dua kali bagi setiap tenaga medis.

“Aturannya setiap orang akan mendapatkan dua kali penyuntikan. Suntikan kedua akan diberikan setelah 14 hari dari pelaksanaan penyuntikan pertama,” jelasnya.

Sementara itu, untuk menjamin keamanan vaksin sinovac, Kepala UPTD Perbekalan Obat dan Alat Kesehatan Kabupaten Paser, Yayillatul Rochman, menegaskan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Polres Paser untuk melakukan pengamanan vaksin.

“Tentu gudang ini akan dijaga ketat oleh aparat kepolisian. Jadi nanti akan ada petugas pengamanan di gedung ini selama 24 jam,” kata Yayillatul Rochman.

Selain pengamanan di luar gedung, pihaknya juga akan menyiagakan petugas operator untuk menjaga suhu di ruang penyimpanan vaksin sinovac, sebab suhu dalam ruangan harus berada pada 2 sampai 8 derajat selsius.

“Setiap jam akan ada petugas kami melihat dan memastikan bahwa suhu di ruang penyimpanan berada di antara 2 sampai 8 derajat selsius,” tutupnya.(sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

31 views

Berita terkini