by

Yulian Paparkan Ilmu Plaxis, Penting untuk Penanganan Longsor

AKRAB:Dosen Fakultas Teknik Unlam Yulian Firmana Arifin dan Dekan FTSP Uniba Rahmat berfoto bersama di sela-sela pelatihan software plaxis

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Kondisi tanah di Pulau Kalimantan sering terjadi pergeseran sehingga menyebabkan longsor cukup parah. Apalagi Kota Balikpapan yang memiliki geomorfologi pantai, dataran rendah, hingga bukit-bukit bergelombang yang didominasi tanah berpasir , sehingga rawan terjadi longsor. Hal ini diakui dosen Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin, Dr Ing Ir Yulian Firmana Arifin.
“Iya benar tanah di Kalimantan rawan terjadi pergeseran. Saya pernah terlibat dalam penanganan sejumlah jalan di Kaltim yang mengalami longsor parah seperti di Berau dan Melak,” kata Yulian Firmana Arifin, di sela-sela pelatihan. penggunaan software plaxis bagi praktisi untuk timbunan dengan perkuatan di atas tanah lunak, di Gedung G Lantai II Kampus Uniba, Sabtu (28/9/2019) pagi.
Menurutnya, untuk penanganan longsor ini membutuhkan analisa geoteknik ilmu plaxis guna mengetahui kekuatan tanah, batuan, serta beban bangunan di atasnya. Plaxis adalah salah satu program aplikasi komputer berdasarkan metode elemen hingga dua dimensi yang digunakan secara khusus untuk menganalisis deformasi dan stabilitas untuk berbagai aplikasi dalam bidang geoteknik, seperti daya dukung tanah.
“Jadi ilmu plaxis ini bisa digunakan untuk penanganan longsor, dinding terowongan, serta siring untuk lereng,” terangnya.
Ia berharap pelatihan plaxis ini dapat bermanfaat bagi para mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Uniba.
“Apalagi Kalimantan Timur telah ditetapkan oleh Presiden RI sebagai Ibu Kota Negara (IKN). Saya berharap mahasiswa FTSP Uniba yang telah memiliki ilmu dasar tentang geoteknik terutama ilmu plaxis dilibatkan dalam kegiatan pembangunan infrastruktur dalam IKN,” harapnya.
Sementara itu, Dekan FTSP Uniba Ir Rahmat ST MT, mengatakan pelatihan plaxis bagi para mahasiswa sangat penting untuk rekayasa geoteknik, hanya saja aplikasi software plaxis ini cukup mahal dibanding aplikasi lainya.
“Pelatihan Plaxis kali ini merupakan pelatihan dasar, tapi punya nilai lebih bagi geoteknik. Saya berharap semoga pelatihan Plaxis ini bermanfaat bagi adik-adik mahasiswa,” harapnya.
Untuk itu, dia menyarankan agar mahasiswa FTSP Uniba serius mempelajari tentang Plaxis, baik belajar secara mandiri atau mengikuti pelatihan-pelatihan dasar. “Silakan belajar karena sekarang banyak media untuk belajar. Seperti lewat jurnal dan paper. Buatlah dalam bentuk ringkasan supaya muda dipelajari,” sarannya. Dia berharap, pelatihan dasar seperti ini bisa berlanjut karena bermanfaat bagi mahasiswa. (sb-02)

banner 728x90

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed