DISKOMINFO KALTIM

MTQ Nasional 2024, Sekda Sri Tegaskan Prosesi Pembukaan STQHN, Bisa jadi Acuan Kaltim

44
×

MTQ Nasional 2024, Sekda Sri Tegaskan Prosesi Pembukaan STQHN, Bisa jadi Acuan Kaltim

Share this article
Sekda Kaltim Sri Wahyuni menghadiri pembukaan STQH Nasional XXVII Provinsi Jambi di Arena Utama STQHN H Abdurrahman Sayid Kota Jambi

JAMBI,suarabalikpapan.com-Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Sri Wahyuni atas nama pemerintah dan masyarakat Kaltim mengucapkan selamat dan sukses kepada Pemerintah Provinsi Jambi selaku tuan rumah penyelenggaraan STQHN XXVII.

Mewakili Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik Sekda Sri menghadiri pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Musabaqah Alhadits (STQH) Nasional XXVII Provinsi Jambi di Arena Utama STQHN H Abdurrahman Sayid Kota Jambi, Senin (30/10/2023).
“Alhamdulillah acaranya bagus dan disusun padat singkat, jam 10.30 WIB sudah selesai, juga memanfaatkan digitalisasi,” ungkap Sekda Sri Wahyuni, usai pembukaan STQHN XXVII 2023 Jambi. Ma’ruf Amin, Wakil Presiden RI, secara resmi membuka ajang dua tahunan yang berlangsung dari 30 Oktober – 8 November 2023 dengan memukul beduk. Selain itu, ada juga parade kafilah STQHN 2023 yang melibatkan perwakilan dari 34 provinsi di seluruh Indonesia dan pengibaran bendera LPTQ. Sekda Sri berpendapat bahwa prosesi pembukaan STQHN bisa menjadi acuan Kaltim dalam penyelenggaraan MTQ Nasional 2024.
“Kita belajar dari prosesi ini untuk nanti MTQ di Kaltim. Tentu MTQ nasional nanti lebih besar lagi eventnya dan pesertanya lebih banyak,” tegasnya.
Sekembalinya ke Kaltim, Ketua LPTQ Kaltim ini akan segera melakukan pertemuan, koordinasi dan komunikasi lebih intensif menyongsong Benua Etam tuan rumah MTQ nasional 2024. “Kita segera merapatkan barisan dan menyusun panitia, serta koordinasi para pihak untuk mempersiapkan MTQ tahun depan,” jelasnya.
Selanjutnya, Wapres Ma’ruf Amin yang hadir bersama istri Wury Estu Handayani, saat membuka STQHN Jambi, menegaskan Al-Qur’an dan Al Hadist merupakan bekal hidup manusia agar lebih baik serta memberi manfaat dunia hingga akhirat.   
“Al-Qur’an dan Hadist bukan semata membaca dan melombakannya, tetapi lebih pada mengamalkannya, bahkan menggunakannya untuk berpikir logika di era saat ini hingga seterusnya,” imbuhnya. 
Orang nomor dua di republik ini pun mengajak generasi muda Islam untuk tidak meninggalkan Al-Qur’an dan Al Hadist sebagai panduan hidup, sekaligus terbentuk generasi Qur’ani. “Kegemaran terhadap teknologi jangan sampai menyita seluruh waktu dan perhatian kita, sehingga membuat kita lupa membaca pedoman hidup dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.
“Kesibukan membaca koran, jangan membuat kita abai membaca Al-Qur’an,” tambahnya. Ia bersyukur atas hasil survei indeks literasi membaca Al-Qur’an yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama mencapai 66 atau kategori tinggi.
“Saya minta literasi umat Islam di Indonesia membaca Al-Qur’an untuk terus meningkat, seiring kuatnya pengaruh kemajuan teknologi dan arus informasi digital,” harapnya.
STQHN 2023 Jambi diikuti 1.532 kafilah dari 34 provinsi dan kafilah Benua Etam berjumlah 73 orang. Terdiri dari peserta lomba, pendamping, pelatih dan ofisial. Pembukaan dihadiri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, mantan Wapres HM Yusuf Kalla, Gubernur Jambi H Al Haris dan Wagub KH Abdullah Sani, jajaran Forkopimda Jambi, Ketua LPTQ dan Kepala Kanwil Kemenag se-Indonesia.(adv/sb-02/diskominfokaltim)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *