DISKOMINFO KALTIM

Muhammad Faisal: Teknologi Terus Bergerak Kita Tak Boleh Diam  

48
×

Muhammad Faisal: Teknologi Terus Bergerak Kita Tak Boleh Diam  

Share this article
Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Dalam sambutannya mewakili Sekretaris Daerah (Sekda), Kepala Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal, menyatakan bahwa pada dasarnya, digitalisasi adalah suatu hal yang tidak dapat dihindari. Diskominfo Kaltim menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Workshop Aplikasi SIMAIN dan Aplikasi Digital Signature untuk semua Perangkat Daerah (PD) di lingkungan pemerintah provinsi.

“Teknologi terus bergerak. Tidak mungkin lagi kita diam tertinggal atau mundur. Mau tidak mau, kita harus mengikuti dan menyesuaikan,” katanya saat membuka kegiatan Sosialisasi dan Workshop Aplikasi SIMAIN dan Aplikasi Digital Signature Kaltim di Hotel Fugo Samarinda, Kamis (9/11/2023).
Penting untuk dicatat bahwa sistem elektronik, seperti website, aplikasi, dan sistem informasi, merupakan sarana penting dalam pemanfaatan teknologi IT oleh pemerintah, terutama Perangkat Daerah (PD) dan Unit Kerja di lingkungan Pemprov Kaltim. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan publik yang cepat, akurat, dan transparan.
Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika (Aptika) Diskominfo Kaltim, Dra Normalina, menjelaskan bahwa penggunaan sistem elektronik diatur oleh regulasi yang mengharuskan semua sistem elektronik yang dikelola menjadi resmi terdaftar sebagai sistem elektronik pemerintahan.
“Salah satu aturannya terkait penamaan domain pada sistem elektronik tersebut. Khusus Pemerintah Provinsi Kaltim, domain resmi dimaksud adalah ‘kaltimprov.go.id’, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Gubernur Kaltim nomor 4 tahun 2023 tentang Implementasi SPBE Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur,” katanya. Dalam rangka tertib administrasi dan hukum, Diskominfo Provinsi Kaltim mengembangkan sebuah aplikasi yang diberi nama Sistem Informasi Manajemen Aplikasi dan Domain (SIMAIN). Aplikasi tersebut, berfungsi sebagai pengelola manajemen sistem elektronik yang dikembangkan oleh perangkat daerah provinsi Kaltim sekaligus penamaan domainnya.
Selain itu, penggunaan Digital Signature (DS) atau Tanda Tangan Elektronik (TTE)  juga menjadi salah satu pemanfaatan teknologi IT yang dapat mendukung peningkatan kinerja pemerintahan. Faktor kecepatan, akurasi, keamanan, dan kemudahan menjadi hal yang diperhitungkan.
“Mengingat pentingnya pengelolaan sistem elektronik dan mendesaknya penerapan TTE dalam sistem pelayanan pemerintah, Diskominfo Kaltim dituntut untuk dapat menyediakan layanan yang mendukung hal tersebut. Oleh karena itu, kegiatan hari ini diselenggarakan dengan maksud menertibkan pengelolaan sistem elektronik pemerintahan dan percepatan implementasi TTE di lingkungan Pemrpov Kaltim,” jelasnya.
Kegiatan Sosialisasi dan Workshop Aplikasi SIMAIN dan Aplikasi Digital Signature diikuti sebanyak 140 orang tenaga pengelola administrasi umum, dan tenaga teknis pengelola IT dari setiap Perangkat Daerah Provinsi Kaltim. Bertindak sebagai narasumber sosialisasi dan workshop, Pranata Komputer Ahli Muda Diskominfo Kaltim, Fery dan dipandu oleh moderator, Adi Setiawan.(adv/sb-02/diskominfokaltim)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *