DISPUTAKAR KALTIM

Akreditasi Perpus Berau Tunggu Pusat

51
×

Akreditasi Perpus Berau Tunggu Pusat

Share this article
Pelaksanaan akreditasi Perpustakaan Berau menunggu Perpusnas

BERAU,suarabalikpapan.com – Sekretaris Dispusip Berau, Ali Sadikin Atma mengatakan, setelah melakukan persentase, Perpustakaan Sanggam Barintak Kabupaten Berau dinilai sudah layak naik level menjadi akreditasi A. “Perpustakaan kita sudah terakreditasi A, tetapi memang nanti dari pusat akan melakukan rapat pleno, tetapi untuk nilai kita sudah di grade A,” ujarnya, belum lama ini.

Untuk mencapai akreditasi A, Dispusip Berau diminta untuk melengkapi sembilan komponen. Di mana, semua komponen atau syarat tersebut sudah terpenuhi dengan hasil yang memuaskan. “Lumayan lama penilaiannya tetapi kami puas karena perpustakaan Berau bisa naik ke A,” tegasnya.

Untuk sembilan komponen penilaian dijelaskan Ali yaitu koleksi perpustakaan, Sarana dan Prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan perpustakaan, pengelolaan perpustakaan, untuk komponen pendukungnya yaitu inovasi dan kreativitas, tingkat kegemaran membaca dan terakhir indeks pembangunan literasi masyarakat. “Itu adalah sembilan nilai komponen yang harus dilengkapi, dan akreditasi kita nilainya 91,24 sehingga kriteria A,” imbuhnya.

Perpustakaan Sanggam Barintak Kabupaten Berau sebelumnya hanya masuk di akreditasi C. Itu terhitung pada tahun 2015 lalu. Sehingga, dengan naiknya akreditasi perpustakaan ini, maka menurutnya akan menjadi motivasi pihaknya untuk bisa lebih meningkatkan lagi. (adv/sb-02/dpkkaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *