DISPUTAKAR KALTIM

Siswa SMK TI Labbaika Samarinda Kunjungi DPK Kaltim

165
×

Siswa SMK TI Labbaika Samarinda Kunjungi DPK Kaltim

Share this article
Para siswa SMK TI Labbaika Samarinda berfoto bersama di sela-sela kunjungan ke DPK Kaltim

SAMARINDA,suarabalikpapan.com – Arsip merupakan bukti atas kegiatan yang berlangsung. Hal itu menjadi dokumentasi dan bentuk pertanggungjawaban terhadap pihak berkaitan. Untuk itu perlu pengelolaan, penyimpanan dan klasifikasi arsip yang terstruktur. Agar tidak gampang rusak atau hilang. Hal ini yang menarik perhatian 56 siswa SMK TI Labbaika Samarinda untuk mengunjungi Bidang Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim. Mereka menjadi kenal lebih dekat pengelolaan kearsipan dan klasifikasi jenis-jenis arsip. Apalagi mereka merupakan siswa kelas 10  pada Jurusan Manejemen Perkantoran dan Layanan Bisnis.

Arsiparis Ahli Muda, Marilah mengaku senang dengan semakin banyaknya sekolah yang melangsungkan giat kunjungan edukasi kepada siswa di Bidang Kearsipan DPK Kaltim. “Bidang Kearsipan sangat terbuka dengan masyarakat umum yang ingin berkunjung. Kunjungan SMK Labbaika menjadi salah satu bentuk layanan kami kepada masyarakat,” ujarnya, Rabu (15/11/2023).
Para siswa didampingi Arsiparis DPK Kaltim dan Petugas DPK Kaltim melanjutkan safari dengan melihat langsung tempat penyimpanan arsip di Depo Arsip, menonton video bersama mengenai selayang pandang DPK Kaltim dan tata cara kelola pengelolaan arsip di Studio Mini Arsip, serta mengenal sejarah Kalimantan Timur lebih dekat melalui Galeri Mini Arsip DPK Kaltim.
Sementara, Kepala Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Yulianti Mangalik menyampaikan apresiasi kepada DPK Kaltim yang terbuka dan memudahkan proses kunjungan dengan pelayanan yang ramah dan informatif.
“Kedepannya kami akan berkelanjutan wisata edukasi ke DPK Kaltim. Tujuan kami ke DPK Kaltim untuk mempersiapkan anak menjadi potensi arsiparis serta membuka wawasan anak mengenai instrumen penting dalam dunia perkantoran yaitu arsip,” tuturnya.
Yuli menambahkan pengetahuan mengenai klasifikasi arsip penting untuk diperkenalkan sedari dini. “Perkantoran itu luas semoga bisa ada ketertarikan melanjutkan studi di bidang kearsipan,” pungkasnya.(adv/sb-01/dpkkaltim)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *