DISKOMINFO KALTIM

Ekonomi Kaltim Meningkat, Akmal Berterimakasih Kinerja ke Gubernur Sebelumnya

39
×

Ekonomi Kaltim Meningkat, Akmal Berterimakasih Kinerja ke Gubernur Sebelumnya

Share this article
Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Dari program siar talkshow Publika dengan tema Kinerja dan Outlook Fiskal dan Pembangunan Provinsi Kaltim oleh TVRI Kaltim, Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik merasa bangga dan berterimakasih kepada Gubernur Kaltim sebelumnya, mulai Awang Faroek Ishak, Isran Noor dan Hadi Mulyadi maupun gubernur di eranya yang telah bekerja membangun daerah ini. Kinerja para pendahulu (para gubernur) bagi Akmal patut diapresiasi yang sampai saat ini tren pembangunan terus mengalami peningkatan, termasuk pertumbuhan ekonomi.

“Kita patut mengapresiasi pemimpin Kaltim sebelumnya, baik Awang Faroek Ishak, Isran Noor dan Hadi Mulyadi maupun gubernur di eranya. Hingga saat ini, recovery pembangunan ekonomi Kaltim sangat cepat,” ucap Pj Gubernur Akmal Malik dalam talk show Publika, di Ruang VIP Room Rumah Jabatan Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada Samarinda, Senin (11/12/2023).
Menurut Akmal, Kaltim saat ini mendapat berkah, dimana kondisi fiskal semakin baik. Bahkan, IKN (Ibu Kota Nusantara) mendorong pertumbuhan ekonomi kian melonjak. “Jadi, kita berterimakasih kepada pada pendahulu yang sudah berjuang dalam membangun daerah. Bahkan, Kaltim pun menjadi lokasi IKN. Ini berkah bagi Kaltim,” jelasnya.
Kenapa harus didukung? “Agar menyejahterakan masyarakat. Dengan  IKN, semua daerah pertumbuhannya harus merata,” pesannya. Perencanaan pembangunan telah disiapkan Pemprov Kaltim. Tata kelola pemerintahan dan pembangunan dapat berjalan baik, diperlukan kolaborasi.
“Alhamdulillah, pertumbuhan dapat dilihat dengan naiknya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 2022 sebesar 77,44 dan tahun 2023 meningkat 78,20,” jelasnya.
Kondisi ini lanjutnya, menunjukkan fiskal yang digerakkan melalui APBN dan APBD berjalan sukses. Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Kaltim M Syaibani yang juga sebagai narasumber menjelaskan, kehadiran IKN membuat fiskal 2023, ekonomi Kaltim terus meningkat. Fiskal Kaltim terbesar di luar Pulau Jawa. Terlebih, biaya yang digelontorkan pusat untuk IKN kurang lebih Rp32 triliun ditransfer ke daerah. Sedangkan kementerian dan lembaga mencapai Rp35 triliun.
“Prinsip kami di Dirjen Perbendaharaan, apa yang disalurkan dapat bermanfaat. Apalagi, road map Kaltim ada atau peta jalannya sudah ada dalam perencanaan pembangunan daerah maupun nasional. Sehingga, kita mudah memetakan kondisi fiskal di Kaltim,” jelasnya. Talk show Publika dipandu Erwinsyah.(adv/sb-01/diskominfokaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *