Provinsi Kaltim

Sekda Kaltim Ikut Prosesi Pengantaran Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih ke Istana Negara Jakarta

598
×

Sekda Kaltim Ikut Prosesi Pengantaran Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih ke Istana Negara Jakarta

Share this article
Prosesi pengantaran Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih dibawa kembali ke Istana Negara Jakarta di Bandara SAMS Sepinggan, pada Sabtu (31/08/2024).

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih dibawa kembali ke Istana Negara Jakarta melalui prosesi kirab, yang digelar di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, pada Sabtu (31/08/2024).
Prosesi pengantaran Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih dan naskah teks proklamasi, di mulai dengan upacara pelepasan yang diserahkan Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono di Istana Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU).
Nampak hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni, Pangdam VI Mulawarman, Mayjend (TNI) Tri Budi Utomo dan Kapolda Kalimantan Timur Irjen (Pol) Nanang Avianto.
Selanjutnya, Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih dikirab melalui jalan darat dengan menggunakan kendaraan taktis TNI, Maung, melewati rute Sepaku, Simpang 4 Samboja, masuk Pintu Tol Samboja, keluar pintu tol Manggar, Batakan hingga Bandara SAMS, Sepinggan Balikpapan dan terbang kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat udara TNI AU.
Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih dibawa oleh anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) nasional asal Samarinda Kaltim, Livenia Evelyn Kurniawan yang merupakan Siswa SMA Katolik Santo Fransiskus Assisi Samarinda.
Di sepanjang jalan yang dilewati kirab, ribuan masyarakat dan pelajar menonton sambil melambaikan tangan dan mengibarkan bendera merah putih, seakan memberi salam perpisahan pada Duplikat Bendera Pusaka yang untuk pertama kalinya berkibar pada Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di halaman Istana Negara IKN.
Sekda Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni mengucapkan rasa syukurnya, kirab Duplikat Bendera Merah Putih berjalan dengan aman dan lancar.
“Alhamdulillah, hari ini kirab berjalan dengan lancar dari Istana Garuda IKN hingga tiba di Bandara Balikpapan,”ujarnya. (adv/sb-02/kominfo-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *