Provinsi Kaltim

Penghijauan, Pj Gubernur Kaltim Tanam Pohon di Kawasan Ponpes Hidayatullah Gunung Tembak

170
×

Penghijauan, Pj Gubernur Kaltim Tanam Pohon di Kawasan Ponpes Hidayatullah Gunung Tembak

Share this article
Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik saat melakukan penanaman pohon di kawasan Ponpes Hidayatullah Gunung Tembak, Kelurahan Teritip, Balikpapan Timur

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik melakukan penanaman dalam rangka penghijauan lingkungan bersama santri dan siswa SLTA di Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatullah Gunung Tembak, Kelurahan Teritip, Balikpapan Timur, pada Jumat (30/08/2024).
Dalam kegiatannya, Akmal Malik mengungkapkan kekagumannya terhadap Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah.
“Hari ini kita bersilaturahim ke Yayasan Hidayatullah, menurut saya Pondok Pesantren Hidayatullah ini keren, diluar ekspektasi saya, Ponpes yang sangat ecofriendly,” ungkapnya.
Pj Gubernur Akmal juga mengatakan bahwa Ponpes Hidayatullah pendidikannya sangat bagus, alam-alamnya juga bagus.
“Ini diluar dugaan saya. Saya ingin mengatakan Ponpes Hidayatullah ini sudah berbuat (melakukan penghijauan) sebelum saya memikirkan, saya pikir kita nanti bersama-sama menghijaukan sekolah, dan Hidayatullah sudah hijau duluan, sudah hebat banget,” tuturnya.
Akmal berharap Ponpes Hidayatullah dapat menularkan hal-hal baiknya.
“Jadi yang perlu kita lakukan, Hidayatullah bisa menularkan hal-hal baik ini ke sekolah-sekolah yang lain yang ada di Samboja dan sekitarnya,” harapnya.
Akmal mengatakan akan hadir kembali ke Ponpes Hidahatullah.
“Saya insyaallah akan hadir disini nanti, ini saya baru pertama kali kesini dan sangat terpesona dan kagum, dan setelah kegiatan ini saya akan kesini lagi,” terangnya.
Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim Joko Istanto melaporkan penanaman dalam rangka penghijauan lingkungan merupakan program prioritas Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Kehutanan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup, tutupan lahan, mitigasi terhadap bencana alam.
“Penanaman pohon secara kontinu dilaksanakan pada lahan-lahan yang tidak produktif dengan jenis tanaman yang memberikan manfaat bagi manusia, baik dari segi ekologi maupun segi ekonomi,” jelasnya.
Ia mengatakan sejalan dengan program Pj Gubernur pada tahun ini akan dilakukan penanaman pohon dengan melibatkan seluruh siswa se-Kalimantan Timur serta santri sebagai bagian dari edukasi lingkungan hidup kepada anak bangsa penerus agar dapat lebih mencintai lingkungan yang hijau.
“Selain itu penanaman juga merupakan upaya kita untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan meningkatkan serapan carbon di Kaltim,” ungkapnya.
Lanjutnya, hari ini akan menanam pohon buah-buahan.
“Pohon buah-buahan yang ditanam sebanyak kurang lebih 300 batang secara bersama-sama dengan undangan, pengurus yayasan, serta santri dan siswa SLTA yang ada di sekitar kawasan Gunung Tembak Balikpapan,” terangnya.
Kegiatan ini dirangkai dengan penyerahan bibit secara simbolis dari Kepala Dinas Kehutanan ke Penjabat Gubernur Kaltim kemudian diserahkan kepada Pihak Pondok Pesantren Hidayatullah, dilanjutkan penanaman pohon dan ramah tamah.
Hadir Pimpinan Ponpes Hidayatullah Gunung Tembak Balikpapan Timur KH Hamzah Akbar, Plt Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim Irhamsyah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Anwar Sanusi, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bambang Arwanto, Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Siti Farisyah Yana, Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Balikpapan dan KPHP Bongan.(adv/sb-02/kominfo-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *