Provinsi Kaltim

Pj Gubernur Kaltim Hadiri Silatnas IPIM dan Penanaman Pohon di Ponpes Al Mujahidin Samarinda

123
×

Pj Gubernur Kaltim Hadiri Silatnas IPIM dan Penanaman Pohon di Ponpes Al Mujahidin Samarinda

Share this article
Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik menghadiri Silatnas IPIM 2024 di Pondok Pesantren Al Mujahidin, Samarinda.

SAMARINDA,suarabalikpapan.com— Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, menghadiri acara Silaturahim Nasional (Silatnas) Pengurus Pusat Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) 2024 yang digelar di Pondok Pesantren Al Mujahidin, Jalan KH Harun Nafsi, Rapak Dalam, Loa Janan Ilir, Samarinda. Acara ini juga diwarnai dengan penanaman pohon sebagai simbol komitmen terhadap pelestarian lingkungan.
Dalam sambutannya, Akmal Malik mengapresiasi IPIM atas inisiatif dan pemilihan Pondok Pesantren Al Mujahidin sebagai lokasi pertemuan ini. “Acara ini merupakan wujud nyata komitmen kita dalam menjaga silaturahmi dan memperkuat peran keagamaan yang berdampak positif bagi umat,” ungkapnya setelah melakukan penanaman pohon di area pesantren, Minggu (15/09/2024)
Silatnas PP IPIM dan PW IPIM Kaltim adalah agenda penting bagi para imam masjid di seluruh Indonesia, di bawah kepemimpinan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasruddin Umar. Dalam kesempatan tersebut, KH Nasruddin Umar menekankan pentingnya peran imam masjid dalam memakmurkan masjid. “Dewan Masjid Indonesia mungkin menyediakan fasilitas, tetapi imam masjid lah yang menghidupkan aktivitas di dalamnya. Indonesia memiliki budaya paternalistik yang sangat bergantung pada pemimpin, dan itu adalah peran imam,” jelasnya.
Akmal Malik juga menyoroti bahwa para imam masjid, yang tidak menerima gaji tetap, adalah pekerja rentan. Enam bulan lalu, dirinya telah meminta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kaltim untuk mendata imam masjid dan guru-guru mengaji di wilayah tersebut guna memberikan penghargaan yang layak bagi mereka.
Ketua Umum PP IPIM KH Nasruddin Umar mengungkapkan keyakinannya bahwa di sisa masa jabatan Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, banyak terobosan yang telah dilakukan untuk memperkuat umat beragama. Ia menegaskan pentingnya melibatkan tokoh agama dalam merumuskan solusi untuk masalah yang ada, bukan hanya dalam penanganan akibatnya. “Keterlibatan ulama dan umara dalam merancang masa depan umat dan bangsa sangat penting untuk menciptakan perubahan yang positif,” ujarnya.
Acara tersebut dihadiri juga oleh Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Muhammad Sabilul Alif, Forkopimda Kaltim, kepala OPD Kaltim, serta undangan lainnya. Mereka bersama Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik dan Ketua Umum PP IPIM melakukan penanaman bibit pohon buah di area Pondok Pesantren Al Mujahidin, sebagai bagian dari upaya penghijauan dan pelestarian lingkungan.(adv/sb-02/kominfo-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *