by

Ahmad Bettawie : Sejarah Kota Balikpapan Harus Diluruskan dengan Naskah Akademik

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Sejarah berdirinya Kota Balikpapan harus diluruskan dengan naskah akademik. Sebab, selama ini asal-usul Kota Balikpapan masih terdapat beberapa versi. Diantaranya mengacu pada kisah pembangunan istana baru di Kutai lama yang dipimpin Sultan Muhammad Idris serta Legenda suku Pasir Balik atau suku Pasir Kuleng hingga terbaliknya perahu Panglima Sendong dan anak buahnya dari Kesultanan Pasir yang memuat papan.

“Saya kira asal-usul Kota Balikpapan ini harus diluruskan secara ilmiah atau naskah akademik,” kata Ketua Dewan Pertahanan Adat Dayak Kutai Banjar Balikpapan Ahmad Bettawie, kepada awak media, dalam acara silaturahmi Keluarga Besar Dewan Pertahanan Adat Dayak Kutai Banjar dan Laskar Mandau Adat Dayak Kutai Banjar Kota Balikpapan, di Warkop Dondang, Jumat (30/4/2022) sore.

Kedepan, kata Bettawie, pihaknya siap bersinergi dengan pemerintah kota Balikpapan untuk menelusuri secara ilmiah asal-usul Kota Balikpapan. “Sebab salah satu misi kami adalah misi adat untuk mempertahankan adat dan budaya di Kota Balikpapan,” ujarnya.

Ia berharap kedepan Balikpapan memiliki peraturan daerah (perda) yang dapat melestarikan adat dan budaya Kota Balikpapan. “Warga Balikpapan merupakan penduduk multinasional karena terdapat beragam suku dari berbagai daerah di Indonesia. Jadi saya berharap ada perda yang mengatur satu hari di kantor-kantor maupun hotel pegawainya wajib menggunakan pakaian adat Balikpapan,” harap Bettawie.

Hal senada diungkapkan Laskar Mandau Adat Dayak Kutai Banjar Kota Balikpapan, Bram Ibrahim yang akrab disapa Ahim, ia berharap kedepan kota Balikpapan tetap kondusif serta adat dan budayanya tetap terjaga. “Yang terpenting bagaimana kita semua menjaga silaturahmi agar kota Balikpapan ini tetap aman dan kondusif,” ujarnya.

Rencananya usai Lebaran pengurus Dewan Pertahanan Adat Dayak Kutai Banjar dan Laskar Mandau Adat Dayak Kutai Banjar Kota Balikpapan periode 2022-2027 akan dilakukan pelantikan. “Waktunya masih tentatif sebab persiapannya harus matang. Tapi kami sudah rencanakan untuk melakukan pelantikan di salah satu hotel di Balikpapan,” pungkasnya.(sb-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita terkini