DISKOMINFO KALTIM

Akmal Malik Akui Lahan di Kaltim Berpotensi untuk Pengembangan Pertanian

21
×

Akmal Malik Akui Lahan di Kaltim Berpotensi untuk Pengembangan Pertanian

Share this article
Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com–Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik menegaskan bahwa kaltim memiliki potensi lahan untuk pengembangan kegiatan pertanian baik tanaman pangan, hortikultura, peternakan, kelautan dan perikanan. Pemprov Kaltim berkomitmen untuk mengembangkan sentra-sentra pertanian dan hortikultura di daerah, guna mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan.

Ia mengatakan Kaltim tidak perlu ketergantungan pada pasokan kebutuhan pangan dari luar daerah.
“Ke depan melalui dinas terkait, kita kembangkan sentra-sentra produksi pangan dan hortikultura dengan melakukan kolaborasi pemerintah kabupaten dan kota, seperti Penajam Paser Utara, Kabupaten Kutai Kartanegara serta daerah lainnya di Kaltim,” ungkapnya, Minggu (5/11/2023).
Lebih lanjut, akmal mengatakan setiap daerah memiliki potensi dan keunggulan yang berbeda, tinggal bagaimana potensi itu fokus untuk dikembangkan dengan dukungan kebijakan para kepala daerah.
“Kita harap para kepala daerah, bupati maupun wali kota memiliki komitmen pengembangan pertanian dalam arti luas di daerah masing-masing. Kebijakan daerah sangat penting guna mewujudkan kemandirian pangan kita,” katanya.
Salah satu contoh daerah yang memiliki potensi besar dalam pengembangan pertanian adalah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Kabupaten ini memiliki luas lahan sawah mencapai 8.000 hektare, yang tersebar di 11 kecamatan.(adv/sb-02/diskominfokaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *