DISKOMINFO KALTIM

Akmal Malik Soroti Pentingnya Budaya untuk Membangun Bangsa

35
×

Akmal Malik Soroti Pentingnya Budaya untuk Membangun Bangsa

Share this article
Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik bersama Presiden RI Joko Widodo

SEPAKU,suarabalikpapan.com-Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik, menegaskan bahwa budaya memiliki peran penting dalam membangun bangsa. Ia juga mencatat bahwa kebersamaan adalah modal dasar yang krusial dalam proses ini, karena tanpanya, pembangunan bangsa yang besar dan hebat akan sulit tercapai. Akmal menyatakan bahwa pemilihan Kalitim sebagai Ibu Kota Nusantara (IKN) oleh Presiden didasarkan pada budaya kerukunan, keberagaman, dan kebersamaan yang kuat di daerah tersebut. Ia meyakini bahwa harmonisasi keberagaman ini merupakan aset yang perlu terus dikembangkan.

“Mengapa Pak Presiden memilih Kalimantan Timur menjadi IKN? Karena kita memiliki budaya kerukunan, keberagaman, kebersamaan yang sangat baik,” ungkapnya saat Festival Harmoni Budaya Nusantara Tahun 2023 di Alun-Alun Taruna, Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU), Jumat (3/11/2023).
Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri itu berkomitmen untuk menjalankan acara serupa di kabupaten dan kota lain di Kalimantan Timur. Menurut Akmal, daerah ini tidak hanya terbatas pada PPU, tetapi juga mencakup berbagai daerah lainnya, seperti Mahulu, Kubar, Bontang, Kutim, Berau, Samarinda, Kukar, Paser, dan Balikpapan. Akmal berharap agar Kalimantan Timur dapat menjadi pelindung dan perisai bagi IKN, mengingat masyarakatnya yang majemuk, toleran, dan menjaga keberagaman dengan baik. Ia menekankan pentingnya menjaga IKN dengan semangat toleransi dan keberagaman. Akhirnya, setelah menghadiri Festival Harmoni Budaya Nusantara di Sepaku,
Akmal Malik melanjutkan perjalanannya dengan Presiden Joko Widodo untuk menghadiri Festival Dahau di Barong Tongkok, Kutai Barat (Kubar), yang dimulai dengan penerbangan helikopter dari helipad Bendungan Sepaku Semoi. “Sebagai daerah yang mendukung IKN, saya berharap Kaltim akan benar-benar menjadi perisai bagi IKN, menjadi pelindung IKN. Karena masyarakat kita sangat majemuk, sangat toleran dan sangat menjaga keberagaman,” pungkasnya.(adv/sb-02/diskominfokaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *