DISKOMINFO KALTIM

Akmal Malik Tekankan Pentingnya Koordinasi IKN dan Daerah Mitra

21
×

Akmal Malik Tekankan Pentingnya Koordinasi IKN dan Daerah Mitra

Share this article
Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik menekankan pentingnya koordinasi yang baik antara IKN dan daerah sekitarnya. Meskipun secara administratif terpisah, secara sosial, ekonomi, dan budaya, hubungan antara keduanya tidak bisa dipisahkan.

Akmal mendukung keberhasilan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai program strategis nasional. Salah satu langkah awal yang dilakukan adalah pemetaan kawasan sekitar IKN. Saat ini, Otorita IKN dan kementerian terkait sedang serius dalam proses pembangunan IKN.
“Harus ada orkestrasi yang bagus agar semua proses berjalan selaras. IKN dan daerah mitra,” ungkap Akmal Malik saat rekaman program D’talks by MerdekaDotCom di Jakarta, Senin (6/11/2023) kemarin. Daerah mitra IKN, seperti Penajam Paser Utara (PPU), Balikpapan, Paser, Kutai Barat (Kubar), dan Kutai Kartanegara (Kukar), harus bersinergi dan saling mendukung. Jangka panjangnya, semua kabupaten/kota di Kaltim diharapkan menjadi zona penyangga IKN.
“Kukar akan berkontribusi dalam membantu penyiapan pangan. Balikpapan menjadi kota jasa dan PPU akan banyak membangun kota-kota mandiri,” katanya.
Akmal menjelaskan bahwa setiap daerah memiliki karakteristik, keunggulan, dan potensi berbeda. Misalnya, Kukar akan fokus pada sektor pertanian, sementara Balikpapan diarahkan sebagai pusat layanan jasa, dan PPU akan berperan dalam pembangunan kota-kota mandiri.
Konektivitas yang baik antara IKN dan daerah mitra menjadi hal yang penting. Demikian pula dengan pelayanan publik yang merata. Akmal menegaskan bahwa jika IKN berkembang tanpa dukungan yang sama dari kawasan penyangga, akan terjadi disparitas yang dapat menyebabkan ketimpangan sosial dan ekonomi di masa depan.
Oleh karena itu, koordinasi yang jelas dan kolaborasi antara semua pihak diperlukan. Semua pemangku kepentingan harus mendukung IKN sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.
“Mari bersinergi sesuai tupoksi (tugas pokok dan fungsi) kita masing-masing untuk mendukung sukses IKN. Semua stakeholder harus mendukung IKN,” pungkasnya.(adv/sb-02/diskominfokaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *