Kota Samarinda

Andi Harun : Bank Sampah Mampu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

33
×

Andi Harun : Bank Sampah Mampu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Share this article
Wali Kota Andi Harun saat menghadiri launching Wadah Edukasi Daur Ulang Sampah Kota Samarinda, di Basoda Resto Cafe, Jalan Dr Soetomo pada Kamis (9/3/2023).

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun menghadiri launching Wadah Edukasi Daur Ulang Sampah Kota Samarinda, di Basoda Resto Cafe, Jalan Dr Soetomo pada Kamis (9/3/2023) pagi. Kegiatan dalam rangka Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 ini diluncurkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Samarinda bekerjasama dengan Event Organizer (EO) Sinar Intan mengangkat tema “Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat”.

Wali Kota Andi Harun dalam sambutanya mengatakan, persoalan sampah menjadi tantangan sangat besar di Samarinda sebab dengan jumlah penduduk 837 ribu jiwa bisa menghasilkan sampah sebanyak 214,3 ton pertahun atau 587,2 ton perhari.
Jika melihat data, kata Andi Harun, dapat disimpulkan bahwa peran serta masyarakat dalam mengurangi sampah ini mengalami peningkatan setiap tahun. Pada Desember 2022 bank sampah yang dikelola masyarakat sebanyak 54 unit, dengan jumlah sampah non organik sebanyak 97.759 kilogram pertahun atau 267 kilogram per hari. Hal ini telah mampu membentuk sirkulasi ekonomi kurang lebih Rp200 juta pada tahun 2022.
“Hingga Februari 2023 jumlah bank sampah telah meningkat menjadi 66 unit. Saya yakin jika semua RT se-Kota Samarinda memiliki bank sampah maka sudah tentu ini akan mampu menggerakkan sektor perekonomian Kota Samarinda seiring dengan pertumbuhan penduduk,” kata Andi Harun.
Sebab menurutnya, sampah sangat berhubungan dengan kualitas kota, kualitas SDM serta kualitas lingkungan. “Untuk itu program seperti daur ulang sampah ini sangat penting karena dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat sebab memiliki nilai ekonomis,” pungkasnya.(sb-02/adv/kominfo-smd)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *