Provinsi Kaltim

Bapenda Miliki Peran Penting Mendukung Percepatan Pembangunan

62
×

Bapenda Miliki Peran Penting Mendukung Percepatan Pembangunan

Share this article
Asisten Perekonomian dan Administrasi pembangunan Setdaprov Kaltim Ujang Rachmad

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Gubernur Kaltim H Isran Noor menegaskan Menteri Dalam Negeri telah menerbitkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 52 Tahun 2021 tentang Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah Bagi Daerah Dengan Masa Jabatan Kepala Daerah Berakhir Pada Tahun 2023 Dan Daerah Otonom Baru, dimana pada masa transisi pemerintahan tahun 2024-2026, kegiatan pembangunan daerah diharapkan tetap terarah dan juga berkesinambungan. Demikian sambutan Gubernur Kaltim H Isran Noor disampaikan Asisten Perekonomian dan Administrasi pembangunan Setdaprov Kaltim Ujang Rachmad dalam Forum Perangkat Daerah (FPD) Rancangan Renstra Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Kaltim Tahun 2024-2026 digelar Hotel Mercure Samarinda, dikutip suarabalikpapan.com  dari berita adpimprovkaltim baru-baru ini.

Gubernur mengatakan Forum Perangkat Daerah ini merupakan salah satu bagian dari alur perencanaan pembangunan daerah. Pada proses ini dilakukan proses perencanaan melalui pendekatan partisipatif, dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, yaitu semua pihak yang secara langsung maupun tidak langsung memperoleh manfaat atau dampak dari perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di suatu daerah.
“Tugas dan tantangan yang kita hadapi semakin hari semakin berat. Kita dituntut untuk mampu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat. Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang pesat mengarahkan kita pada elektronifikasi dan digitalisasi dalam berbagai sektor. Kita ketahui, digitalisasi dapat meningkatkan efisiensi terhadap biaya dan waktu serta memberikan kemudahan dalam sistem pelayanan publik seperti dalam hal membayar pajak dan retribusi, dimana inovasi elektronifikasi ini sebenarnya sudah dilakukan oleh Badan Pendapatan Daerah,” paparnya.
Gubernur juga berharap, apa yang sudah dilakukan ini, dapat terus ditingkatkan sebagai upaya untuk memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan pembangunan di Kalimantan Timur. Dikatakan, hal ini terbukti dengan keberhasilan Provinsi Kaltim meraih penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri, Peringkat kedua Pemerintah Daerah dengan Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi dari Tahun 2020 ke Tahun 2021 Kategori Provinsi, dimana salah satunya ditentukan oleh faktor penerimaan Pendapatan Asli Daerah.
“Tentu saja hal ini tidak lepas dari strategi dan kerja keras pimpinan dan jajaran Bapenda Kaltim serta kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak. Prestasi ini harus dipertahankan dan ditingkatkan. Melalui penyusunan Rancangan Renstra ini bagaimana mengangkat permasalahan dan Isu strategis saat ini menjadi tujuan dan sasaran ke dalam strategi dan arah kebijakan yang dijabarkan dalam Rencana Program, Kegiatan dan Sub Kegiatan. Sehingga penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi Badan Pendapatan Daerah dapat berjalan dengan baik sesuai kewenangannya,” tandasnya..
Hadir Kepala Bapenda Provinsi Kaltim, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltim. Direktur Lalu Lintas Polda Kaltim, Kepala Jasa Raharja Cabang Kaltim. TGUP3 Kaltim. Kepala Bapenda kabupaten dan kota se-Kaltim, para Direktur Utama Perusahaan Daerah/Badan Usaha Milik Daerah Provinsi Kaltim.(sb-02/adv/kominfo-kaltim)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *