Provinsi Kaltim

Delapan Sekolah Miliki Perpustakaan di Berau Jadi Sahabat BUMA    

78
×

Delapan Sekolah Miliki Perpustakaan di Berau Jadi Sahabat BUMA    

Share this article
SMKN 6 Berau menjadi salah satu Sahabat Buma dalam pengelolaan perpustakaan sekolah

TANJUNG REDEB,suarabalikpapan.com–Ketua Asosiasi Tenaga Perpustakaan Indonesia (Atpusi) Berau, Mariani SPd MPd, menyadari bahwa kondisi perpustakaan sekolah yang jauh dari pusat kota, masih belum memadai, khususnya ketersediaan fasilitas pendukungnya. Menyadari kondisi tersebut, Atpusi Berau menggelar program Bedah Perpustakaan Sekolah, dengan dua kegiatan secara garis besar, belum lama ini. Pertama, bedah perpustakaan secara menyeluruh. Kegiatan yang pertama ini berjalan di SMKN 6 Berau di Kampung Merancang Ulu, Kecamatan Gunung Tabur. Dalam program Bedah Perpustakaan Sekolah, ruang perpustakaan di SMKN 6 Berau lantas ditata ulang sesuai standar Atpusi. Perpustakaan dilengkapi berbagai perabotan baru seperti sofa dan rak dinding. Supaya siswa lebih betah membaca di perpustakaan, serta meja untuk lesehan disediakan. Karpet biru yang lembut dihampar agar yang duduk tidak merasakan dinginnya lantai.

“Kami juga menambah koleksi buku di perpustakaan SMKN 6 Berau,”kata Mariani.
Ia melanjutkan, program Bedah Perpustakaan Sekolah merupakan bentuk dukungan terhadap gerakan literasi. Upaya ini diharapkan menumbuhkan minat baca masyarakat di Berau khususnya di daerah yang jauh dari pusat kota. Sementara kegiatan kedua, adalah Sahabat BUMA. Di mana terdapat delapan sekolah di Berau menjadi sasaran dari program yang terlaksana lewat dukungan penuh PT Bukit Mandiri Makmur Utama (BUMA) Site Lati. Di delapan sekolah itu, rak dinding diperbanyak sementara koleksi buku perpustakaan ditambah. Seluruh perpustakaan yang telah dibedah tersebut diserahkan kepada sekolah. Serah terima ini berlangsung di SMK 6 Berau.
Dalam acara tersebut, hadir kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Kaltim, Juanita Sari dan Kepala Bidang P3KM Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Berau, Nurseha. Acara serah terima ini juga bertepatan dengan pisah sambut kepala SMK 6 Berau, dari Ambo Awe SPd MPd kepada Johni Molantong SPd MPd. “Dalam program ini, Atpusi Berau didukung penuh BUMA Site Lati. Kerja sama ini merupakan realisasi dari kerja sama Program Peduli Perpustakaan Sekolah atau PPPS di Berau,” kata Mariani.
Delapan sekolah menjadi “Sahabat BUMA” yang menerima dukungan literasi. Kedelapannya ialah SD 17 Tanjung Redeb, SMP 1 Tanjung Redeb, SMA 1 Berau, SMA 6 Berau, SMA 5 Berau, SMP 1 Gunung Tabur, SMP 2 Gunung Tabur, dan SMP 2 Pulau Derawan.
Superintendent Industrial & External Relations BUMA, Erwin H Gultom, menjelaskan, dukungan BUMA kepada program ini merupakan bentuk partisipasi BUMA kepada dunia literasi. BUMA Site Lati juga memberikan BUMA Corner kepada Perpustakaan SMK 6 Berau yang diterima Johni Molantong SPd MPd selaku kepala sekolah.
“Kami sangat peduli untuk menyediakan sarana belajar yang standar dan nyaman bagi para siswa,” terang Erwin.
“Semoga dari serah terima fasilitas ini, dunia pendidikan di Berau makin maju. Dengan demikian, Berau dapat mencetak SDM yang berdaya saing dan berkompetensi,” tutup Erwin. (sb-02/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *