DISPUTAKAR KALTIM

Diarpus Ajak Warga Tertib Arsip

49
×

Diarpus Ajak Warga Tertib Arsip

Share this article
Warga diajak berpartisipasi untuk tertib arsip

TENGGARONG, suarabalikpapan.com – Masyarakat harus berpartisipasi dalam menjaga keamanan arsip pribadi. Hal ini merupakan bagian dari kampanye tertib arsip dari Dinas Kearsipan dan Perpustakan (Diarpus) Kabupaten Kutai Kartanegara. Di mana satuan kerja ini sudah memiliki aplikasi Pondok Kesah AYUMi (Arsip Yang Unik Menyampaikan Informasi)

Seketaris Diarpus Kukar, Aji Yuli Midriani mengatakan partisipasi warga merupakan bagian dari target kinerja. Di mana melalui aplikasi ini pihaknya menyampaikan dan memberikan pelayanan kearsipan. Tujuannya untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi Organisasi Perangkat Daerah dan masyarakat di Kabupaten Kukar. “Warga kita perlu tertib arsip juga. Seperti sertifikat tanah, ijazah dan lainnya. Itu kalau hilang kan mengurusnya cukup repot. Makanya kita ajak supaya tertib,” ujarnya, Rabu (23/11).

Menurut Yuli, tertib arsip menjadi program prioritas pada penyelenggara pemerintah daerah. Lalu peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan, penyelamatan dan penggunaan menjadi sumber daya pendukung. Agar semua pihak bisa terlibat dalam gerakan tertib arsip dari Pemerintah Kabupaten Kukar tersebut. “Pak bupati juga sudah menyampaikan dukungannya. Beliau meminta semua pihak terlibat aktif. Mulai OPD sampai ke warga. Karena arsip itu bagian sejarah yang tidak boleh diremehkan,” tuturnya lagi.

Yuli menambahkan bahwa arsip adalah salah satu element administrasi pemerintahan daerah dan sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Pelaksanaan kegiatan kearsipan dan perlindungan terhadap individu atau kelembagaan saling terkait. Arsip berupa aset dan histori kearsipan juga tidak boleh dipandang sebelah mata. (adv/sb-01/dpkkaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *