Provinsi Kaltim

Diskarpus Paser Bangun Perpustakaan Desa

32
×

Diskarpus Paser Bangun Perpustakaan Desa

Share this article
Kepala Diskarpus Paser Yusuf Sumako

TANA PASER,suarabalikpapan.com–Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Paser berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, serta perusahaan swasta seperti PT Kideco Jaya Agung untuk menjalankan program perpustakaan desa.

Kepala Diskarpus Paser, Yusuf Sumako mengatakan, program perpustakaan desa merupakan salah satu upaya meningkatkan minat baca masyarakat. Suksesnya program perpustakaan desa  membutuhkan bantuan dari berbagai pihak.
“Untuk mengisi buku di perpustakaan desa yang sudah ada, Diskarpus Paser sudah mengajukan bantuan ke Bank Indonesia untuk membantu mengisi buku di perpustakaan desa yang sudah ada,” ungkapnya, Kamis (13/7/2023).
Sedangkan untuk desa yang belum memiliki perpustakaan, Diskarpus Paser berkerjasama dengan PT. Kideco Jaya Agung untuk melakukan pembangunan perpustakaan desa. “Tahun 2022 ada 10 perpustakaan desa mendapat bantuan dari PT. Kideco dengan nilai sekitar Rp200 juta,” ucapnya.
Selain bantuan dari PT. Kideco, sejumlah desa juga ada yang membangun perpustakaan desa menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD). Tetapi, Diskarpus Paser tetap membantu untuk mengisi buku perpustakaan desa tersebut.
“Hal ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Paser untuk meningkatkan literasi diberbagai lapisan masyarakat hingga desa pedalaman. Tentu untuk mewujudkan Paser MAS (Maju, Adil, Sejahtera),” pungkas Yusuf.(sb-06/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *