Provinsi Kaltim

Disnakertrans Kaltim Tingkatkan Keterampilan Tenaga Kerja Lewat BLK

30
×

Disnakertrans Kaltim Tingkatkan Keterampilan Tenaga Kerja Lewat BLK

Share this article
Rapat FPD yang digelar Disnakertrans Provinsi Kaltim di Hotel Swiss Bell Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, pada Selasa (28/2/2023)

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com—Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kaltim menggelar Rapat Forum Perangkat Daerah (FPD) di Hotel Swiss Bell Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, pada Selasa (28/2/2023). Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kemampuan tenaga kerja. Acara ini dibuka  Kepala Disnakertrans Provinsi Kaltim Rozani Erawadi, ia mengatakan FPD ini adalah forum lintas perangkat daerah  sebagai mitra kerja dalam rangka merumuskan Renstra dinas yang berpedoman pada rencana pembangunan daerah.

“Rapat ini dihadiri pemangku kepentingan seperti Kepala Disnakertrans seluruh Kabupaten/Kota se-Kaltim, setelah diambil kesepakatan bersama maka ditandatangani hasil rapat tersebut,” ujarnya di sela-sela kegiatan. Rozani  Erawadi mengatakan, menyiapkan FPD dan dinas dengan visi-misi ke satu dalam pembangunan sumber daya manusia yang berdaya saing. Tugas Disnakertrans menyiapkan tenaga kerja yang berdaya saing dengan melakukan saran dan masukan dari seluruh pihak yang berkompeten dan berwenang. Untuk itu penajaman dan  penempatan tenaga kerja diusahakan akan semakin lebih banyak. “Jadi kita yang mungkin rata-rata 30 persen dari kartu pencari kerja itu bisa ditingkatkan lebih baik lagi di tahun-tahun berikutnya,” ucapnya.
Untuk  mengatasi kemampuan dan keterampilan tenaga kerja diperlukan peningkatan kemampuan instruktur  agar merata dalam pelatihan tenaga kerja yang  disetiap Balai LAtihan Kerja (BLK). Peningkatan ini antara lain di BLK Kota Balikpapan, Bontang dan BLK yang ada di kabupaten/kota. “Kita berharap ada penambahan melalui jalur PNS agar dapat melalui jalur PPPK. Karena jabatan instruktur bisa diambil dari PPPK. Harapannya bisa segera dipenuhi formasinya. Kemudian tenaga kerja bisa direkrut oleh Pemda kemudian ditempatkan di UPTD maupun  BLKI  di Balikpapan atau di Bontang,” tutup Rozani.(sb-02/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *