DISPUTAKAR KALTIM

Dispustakar Gencarkan Efisiensi Arsip

37
×

Dispustakar Gencarkan Efisiensi Arsip

Share this article
Sekretaris Dispustakar Balikpapan, Mufidah Hayati

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispustakar) Kota Balikpapan terus mensosialisasikan pengelolaan arsip dinamis dan penyusutan arsip. Hal itu sebagai upaya meningkatkan efisiensi terhadap kearsipan milik pemerintah setempat. Di mana Dispustakar menjadi satuan kerja yang bertugas mendampingi pelaksanaannya di semua OPD.

Sekretaris Dispustakar Balikpapan, Mufidah Hayati mengatakan pihaknya terus berbagi pengetahuan dan keterampilan ke semua satuan kerja. Terutama dalam pengelolaan arsip dinamis dan penyusutan arsip. Agar mempermudah proses penyimpanan dan pengklasifikasian di lapangan. “Keberhasilan kegiatan ini tentu tidak terlepas dari kerjasama dan dukungan semua pihak. Makanya kita terus bergerak melibatkan satuan kerja lainnya. Agar efektif dan efisien pengelolaan arsipnya,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Mufidah, walikota sudah mengeluarkan edaran penyusutan arsip ke semua satuan kerja. Termasuk melakukan bimbingan untuk meningkatkan pengelolaan arsip serta pengembangan sumber daya manusia (SDM). Dirinya juga menekankan pentingnya perhatian Kepala OPD terhadap penyelenggaraan kearsipan. “Penyusutan itu maksudnya pemusnahan. Tapi tetap harus ada pemeriksaan dulu terhadap arsipnya. Jika sudah memenuhi syarat maka bisa dimusnahkan. Agar terhindar dari orang tak bertanggungjawab,” tuturnya lagi.

Tidak hanya itu, Mufidah berharap Kepala OPD dapat membentuk tim pelaksanaan kearsipan di instansi masing-masing. Sehingga nantinya tumbuh gerakan sadar dan penting arsip dinamis. (adv/sb-01/dpkkaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *