Provinsi Kaltim

DPK Kaltim Ajak OPD Jaga Arsip Daerah 

20
×

DPK Kaltim Ajak OPD Jaga Arsip Daerah 

Share this article
Kepala DPK Kaltim HM Syafranuddin

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Provinsi Kaltim berupaya melakukan pengamanan arsip agar menjadi sebuah aset penting yang dimiliki daerah sebagai bentuk peningkatan literatur.

Kepala DPK Kaltim, HM Syafranuddin mengaku akan melakukan rapat koordinasi (Rakor) yang di mana wajib dihadiri oleh pucuk pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Melalui rakor itulah DPK Kaltim akan memberikan sosialisasi tentang pentingnya suatu arsip dokumen daerah untuk dirawat agar tidak rusak, dan menjadi bahan pelajaran bagi generasi mendatang,” ungkapannya.
Selama ini, kata dia, banyak orang menilai nilai suatu arsip tidak terlalu besar bagi masa depan, padahal yang terjadi arsip adalah suatu bukti otentik pada peristiwa masa lampau. “Contoh kecilnya seperti surat nikah, itu banyak orang simpan di lemari dan akhirnya hilang. Ketika hendak membutuhkan kembali terpaksa harus mengurus lagi surat kehilangan. Jadinya ribet sendiri,” bebernya.
Apalagi arsip sejarah, seperti sejarah Kaltim, pembentukan DPRD dan pelantikan Gubernur Kaltim di masa lalu. Hal tersebut merupakan bagian penting sebagai wadah peningkatan bahan literasi bagi masyarakat.(sb-02/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *