Provinsi Kaltim

DPK Kaltim Gandeng GERAM, Gelar Workshop Menulis Buku

27
×

DPK Kaltim Gandeng GERAM, Gelar Workshop Menulis Buku

Share this article
Wagub Hadi Mulyadi hadir dalam Workshop Menulis Buku yang digelar DPK Kaltim

SAMARINDA,suarabalikpapan.com- Membaca dan menulis merupakan dua keterampilan dasar manusia namun memiliki peran penting dalam upaya mencerdaskan masyarakat. Dua aktivitas tersebut turut menjadi salah satu indikator dalam Tingkat Gemar Membaca (TGM) dan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM). Sadar akan pentingnya kebiasaan tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim bekerja sama dengan Gerakan Ayo Menulis (GERAM) dengan menyelenggarakan Workshop Menulis Buku, Jumat (3/3/2023).

Agenda turut dihadiri oleh Penasehat GERAM, Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi. Sementara, Kepala DPK Kaltim, Muhammad Syafranuddin,membuka jalannya workshop yang dilaksanakan hingga 4 Maret 2023. Dalam sambutannya, Syafranuddin menuturkan workshop menjadi ladang bagi masyarakat untuk mengasah keterampilannya lebih baik dalam menulis. Acap kali, menulis juga bukan merupakan hal yang mudah untuk dilakukan.
“Dengan kegiatan hari ini harapannya dapat mendorong para penulis hingga masyarakat Kaltim semakin terpacu dan percaya diri dengan kemampuan dirinya dalam upaya menulis,” jelas pria yang akrab disapa Ivan tersebut. Ia turut menuturkan peran perpustakaan tidak hanya menjadi tempat koleksi buku, melainkan turut menjadi tempat untuk mengembangkan keterampilan khususnya pada aktivitas literasi yang sesuai dengan program perpustakaan berbasis inklusi sosial.
“Menulis dan literasi dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Dua hal tersebut kunci penting dalam mewujudkan masyarakat Kaltim yang cerdas,” ucap Syafranuddin. Sementara itu, peserta workshop dihadiri masyarakat dari berbagai latar belakang. Narasumber pada workshop yang digelar dua hari tersebut menghadirkan Awaluddin Syaddad selaku Mentor Ribuan Penulis.(sb-02/adv/dpk-kaltim)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *