Provinsi Kaltim

DPK Kaltim Hadirkan Ruang Baca Digital

24
×

DPK Kaltim Hadirkan Ruang Baca Digital

Share this article
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim mulai memanfaatkan teknologi informasi (TI) untuk meningkatkan minat baca anak-anak

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim mulai memanfaatkan teknologi informasi (TI) untuk meningkatkan minat baca anak-anak. Salah satu upaya itu dengan menghadirkan Ruang Buncu Baca Digital, yang mudah dan menyenangkan. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim, Syafranuddin mengatakan, Buncu Baca Digital ini sistem kerjanya dalam proses masyarakat hanya membawa HP (Android) dengan scan barcode.

“Ini akan memudahkan masyarakat. Mereka cukup membawa handpone android saja. Tinggal scan langsung mencari buku yang mau dibaca,” ucap Ivan sapaan Syafranuddin, baru-baru ini.
Ivan menjelaskan, Buncu Baca Digital ini akan ditempatkan di sejumlah fasilitas umum di Kaltim, tak terkecuali di kawasan perbatasan RI. Misalnya, Long Apari dan Long Pahangai. Program ini sebagai dukungan Pemprov Kaltim melalui DPK Kaltim untuk masyarakat pedalaman dan terpencil. Untuk itu, mendukung program tersebut, diperlukan dukungan berbagai pihak tak terkecuali DPRD Kaltim, sehingga memudahkan mewujudkan visi dan misi Gubernur dan Wagub, yaitu meningkatkan SDM berkualitas. “Semoga program ini didukung dewan. Ini demi peningkatan kualitas SDM melalui minat baca masyarakat yang tinggi,” kata Ivan.(sb-02/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *