Provinsi Kaltim

Era Digitalisasi, Tingkatkan Literasi Melalui Perpustakaan Digital

29
×

Era Digitalisasi, Tingkatkan Literasi Melalui Perpustakaan Digital

Share this article
Bunda Literasi Kota Samarinda Rinda Wahyuni Andi Harun

SAMARINDA,suarabalikpapan.com–Meningkatkan literasi masyarakat di zaman kemajuan teknologi digitalisasi saat ini harus dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Samarinda, dengan membuat perpustakaan digital. Hal itu disampaikan oleh Bunda Literasi Kota Samarinda Rinda Wahyuni Andi Harun.

Menurut dia, dengan membuat aplikasi perpustakaan digital dan melengkapinya dengan banyak koleksi judul buku, akan menarik minat masyarakat untuk mengakses aplikasi perpustakaan. Masyarakat, kata wanita yang juga adalah istri dari Wali Kota Samarinda ini, sudah banyak Dinas Perpustakaan daerah lain maupun perpustakaan yang dikelola oleh universitas maupun pihak swasta yang sudah memiliki aplikasi perpustakaan digital. Rupanya, minat masyarakat untuk membaca buku digital juga tinggi. Apalagi sekarang aktivitas masyarakat tidak bisa lepas dari gadget.
“Sekarang era digitalisasi, jadi  tidak bisa mengharapkan masyarakat datang ke perpustakaan.  Kalau zaman dulu tidak masalah, tapi zaman sekarang bagaimana mengenalkan perpustakaan itu secara digital kepada masyarakat,” katanya.
Untuk itu, Rinda Wahyuni mendorong kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Samarinda aktif memberikan edukasi mengenai perpustakaan digital yang dimiliki oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Samarinda.
“Saya sampaikan kepada pak Kadis, pak Erham. Ayo kita edukasi ke sekolah-sekolah, terutama SD hingga SMP, karena wilayah kita hanya dari TK, SD, SMP. Ayo kita kenalkan bahwa dalam digital ini ada aplikasi perpustakaan digital, itu sudah ada. Seperti kita ingin membaca buku, sudah ada dan lengkap,” pungkasnya.(sb-02/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *