Kota Balikpapan

Forkanas III SKK Migas Area Kalsul, Siap Penuhi Kebutuhan Energi Gas di IKN

34
×

Forkanas III SKK Migas Area Kalsul, Siap Penuhi Kebutuhan Energi Gas di IKN

Share this article
Pelaksanaan Forkanas III 2023 Area Kalsul yang berlangsung di Hotel Novotel Balikpapan, 4 dan 5 Juli 2023

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com–Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) kembali menggelar Forum Kapasitas Nasional (Forkanas) III 2023 Area Kalimantan dan Sulawesi (Kalsul), di Hotel Novotel Balikpapan, 4 dan 5 Juli 2023.

Pertemuan ini membahas peran strategis industri hulu migas dalam menunjang pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU). Wakil Kepala SKK Migas, Nanang Abdul Manaf mengatakan, pihaknya ambil bagian dalam pemenuhan kebutuhan energi gas di IKN. Kebijakan energi IKN mengacu pada konsep energi hijau. Artinya, sumber energi yang digunakan di IKN adalah energi terbarukan yang diselaraskan dengan keberlanjutan lingkungan.
“Meski demikian, gas bumi sebagai energi transisi masih diperlukan untuk memenuhi kebutuhan industri dan rumah tangga di sekitar IKN,” ungkapnya, saat memberikan sambutan pada pembukaan Forkanas III 2023 Area Kalsul.
Nanang menjelaskan, produksi gas semakin dominan ke depannya, karena gas adalah energi transisi menuju penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT). “Konsumsi gas diperkirakan akan meningkat, dimana konsumsi gas saat ini yang sekitar 6,000 MMSCFD diperkirakan naik jadi 26,112 MMSCFD di tahun 2050. Akan naik sebesar 298 persen.  Untuk mengatasi tantangan di masa depan tersebut, dan sebagai upaya jangka panjang mencapai pemenuhan energi, pada akhir 2019 lalu industri hulu migas mencanangkan transformasi melalui 5 strategi yaitu Clear Vision; Organization as Center of Excellent, ODSP, komersialisasi, dan digitalisasi,” terangnya.
“Sejak awal SKK Migas siap bekerja sama dengan Otorita IKN serta para pemangku kepentingan untuk mengembangkan infrastruktur dasar seperti pipanisasi gas yang disesuaikan dengan desain tata ruang dan wilayah IKN. Melalui Forum Kapasitas Nasional, pihaknya juga terus mengintegrasikan kemampuan produsen lokal untuk menjawab kebutuhan energi di IKN,” paparnya.
Kepala Perwakilan SKK Migas Area Kalsul, Azhari Idris berharap Forkanas III 2023 Area Kalsul dapat menjadi sarana komunikasi antara pemerintah yang diwakili SKK Migas, KKKS, pemerintah daerah, serta pelaku usaha penunjang hulu migas dalam mendukung pembangunan IKN.(sb-02)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *