Kota Balikpapan

Gala Dinner dan HUT Apeksi ke-24, Wali Kota Rahmad Mas’ud Perkenalkan Balikpapan sebagai Penyangga IKN

115
×

Gala Dinner dan HUT Apeksi ke-24, Wali Kota Rahmad Mas’ud Perkenalkan Balikpapan sebagai Penyangga IKN

Share this article
Ketua Apeksi yang juga Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi didampingi Wali Kota Balikpapan Balikpapan H Rahmad Mas’ud dan Direktur Eksekutif Apeksi Alwis Rustam memotong tumpeng HUT ke-24 Apeksi saat Gala Dinner dan Peringatan HUT ke-24 Apeksi di Halaman Kantor Balaikota, pada Senin (03/06/2024) malam.

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Puluhan Wali Kota dan istri menghadiri Gala Dinner dan Peringatan HUT ke-24 Apeksi di Halaman Kantor Balaikota, pada Senin (03/06/2024) malam. Hadir dalam kegiatan ini diantaranya Ketua Apeksi yang juga Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan istri, Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud dan istri, Direktur Eksekutif Apeksi Alwis Rustam beserta puluhan Wali Kota se-Indonesia.
Gala Dinner diawali dengan pertunjukan dongeng atau kisah dengan judul “Papan Ajaib” yang menceritakan penemuan sebuah kerajaan di Bumi Etam oleh Pangeran Arum yang ditandai dengan penancapan sebuah Papan Ajaib alkisah Kerajaan tersebut adalah Kota Balikpapan yang dihuni banyak etnis.
Pada kesempatan tersebut diperkenalkan Legenda Suku Pasir Balik atau Pasir Kuleng disebut sebagai cikal bakal nama Balikpapan. Orang-orang Suku Kuleng merupakan keturunan sejoli Kayun Kuleng dan Papan Ayun.
Daerah tempat kakek dan nenek moyang Suku Kuleng tersebut tinggal, lantas dikenal sebagai nama Kuleng Papan. Dalam bahasa Pasir, Kuleng artinya balik. Jadilah Kuleng Papan diartikan sebagai Balik dan Papan – Balikpapan.
Selain itu, diperkenalkan juga maskot Balikpapan yakni Beruang Madu serta maskot Kaltim yaitu Burung Enggang.
Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud dalam sambutanya mengatakan, Rakernas dan HUT Apeksi kali ini merupakan sejarah bagi Kota Balikpapan sebab baru pertama kali Balikpapan menjadi tuan rumah even akbar ini.
“Pemkot Balikpapan sangat berbangga dipercayakan sebagai tuan rumah Rakernas dan HUT Apeksi,” ujar Rahmad Mas’ud.
Menurutnya dalam Rakernas nanti yang akan digelar di Balikpapan Sport & Convention Center (BSCC) Dome para Wali Kota se-Indonesia akan membahas tentang isu-isu global tentang perkotaan.
“Saya berharap Rakernas Apeksi berjalan lancar. Untuk Gala Dinner sengaja kami buat di Kantor Balaikota agar teman-teman Wali Kota bisa melihat dari dekat Kota Balikpapan,” terangnya.
Pada kesempatan tersebut Wali Kota Rahmad Mas’ud memperkenalkan Kota Balikpapan sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
“Balikpapan sebagai teras IKN merupakan kota heterogen dengan 200 paguyuban. Jadi jangan heran satu keluarga ada beberapa suku sehingga bisa meminimalisasi persoalan SARA. Nantinya teman-teman Wali Kota akan kita ajak berkunjung ke IKN untuk melihat sejauh mana Pembangunan IKN, tapi kita menyesuaikan dengan jadwal Bapak Presiden Jokowi yang juga akan menghadiri Rakernas Apeksi,” ujar Rahmad.
Sementara itu, Ketua Apeksi Eri Cahyadi mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud yang telah bersedia menjadikan Balikpapan sebagai tuan rumah Rakernas dan HUT Apeksi ke-24.
“Saya atas nama teman-teman Apeksi mengucapkan terima kasih kepada Balikpapan yang telah menyiapkan acara ini kurang lebih setahun,” ujar Eri.
Pada kesempatan tersebut Eri Cahyadi mengapresiasi Pembangunan IKN. “Semoga Apeksi bisa memberikan yang terbaik bagi pembangunan di Indonesia. Nanti kita semua anggota Apeksi akan ke IKN difasilitasi Wali Kota Balikpapan menggunakan speed boad untuk melihat istana Presiden yang mirip Candi Prambanan,” kata Eri.
Usai memberikan sambutan Ketua Apeksi Eri Cahyadi didampingi Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud dan Direktur Eksekutif Apeksi Alwis Rustam melakukan pemotongan tumpeng HUT Apeksi ke-24 sekaligus mendengar hiburan dari artis ibukota Soimah.(sb-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *