Provinsi Kaltim

Gubernur Isran : Pelayanan Kesehatan Harus Diperkuat  

28
×

Gubernur Isran : Pelayanan Kesehatan Harus Diperkuat  

Share this article
Gubernur Isran Noor melakukan Ground Breaking Pembangunan Gedung Pelayanan Jantung Terpadu di RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan, pada Senin (5/6/ 2023)

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Gubernur Kaltim Isran Noor melakukan Ground Breaking Pembangunan Gedung Pelayanan Jantung Terpadu di RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan, pada Senin (5/6/ 2023).

“Kita bersyukur dapat mengembangkan rumah sakit ini dengan baik, khususnya dengan pembangunan gedung untuk pelayanan jantung yag sangat diperlukan masyarakat di kota ini,” kata Gubernur Isran dalam sambutanya.
Gubernur menjelaskan, berdasarkan Global Burden of Desease dan Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) 2014-2019 penyakit jantung menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia.  Kemudian Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 dan 2018 menunjukan tren peningkatan penyakit jantung yakni 0,5% pada 2013 menjadi 1,5% pada tahun 2018. Penyebabnya antara lain hipertensi, obesitas, merokok, melitus, dan kurang aktivitas fisik. Karena itu, penyakit jantung tidak hanya ditemukan pada usia tua. Tren menunjukkan peningkatan usia penyakit jantung pada usia yang lebih muda. Selain itu berdasarkan data BPJS Kesehatan pada 2021 pembiayaan kesehatan terbesar, ternyata ada pada penyakit jantung sebesar Rp7,7 triliun.
“Oleh sebab itu kita perlu melakukan penguatan layanan kesehatan kepada masyarakat dengan baik. Dan pembangunan gedung ini salah satu upaya yang harus bersama kita tingkatkan derajat kesehatan masyarakat Kaltim menuju Kaltim yang Sehat, Kaltim yang Bahagia dan Sejahtera,” ujar Gubernur.
Hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur RSUD dr Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi  Kaltim., Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Kaltim, pimpinan kontraktor pembangunan, paramedis dan tenaga kesehatan serta puluhan undangan lainnya.(sb-02/adv/kominfo-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *