Provinsi Kaltim

Gubernur : Semua Perusahaan Wajib Laksanakan Program RLH

22
×

Gubernur : Semua Perusahaan Wajib Laksanakan Program RLH

Share this article
Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor

SAMARINDA,suarabalikpapan-Gubernur Provinsi Kaltim H Isran Noor kembali menegaskan, semua perusahaan yang beroperasi di wilayah Provinsi Kaltim wajib melaksanakan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 27 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Program Prioritas Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, serta Program Kemitraan dan Bina Lingkungan di Provinsi Kaltim.

Dikatakan, Peraturan Gubernur (Pergub) Kalimantan Timur Nomor 27 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Program Prioritas Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Serta Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Di Provinsi Kalimantan Timur mengharuskan perusahaan yang menjalankan usaha di Kaltim membangun rumah layak huni (RLH) dan mengembangkan pangan untuk penghijauan sebagai program prioritas. Sedangkan yang dimaksud dengan perusahaan di Pergub Nomor 27 Tahun 2021 adalah Perseroan Terbatas (PT), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik daerah (BUMD), koperasi dan perusahaan asing yang menjalankan usaha di wilayah Provinsi Kaltim.
“Semua perusahaan yang beroperasi di wilayah Provinsi Kaltim, apakah itu perusahaan pertambangan, perkebunan maupun perusahaan lainnya wajib melaksanakan pembangunan rumah layak huni,” tegas Gubernur Isran Noor usai menghadiri Bukber PT Kideco Jaya Agung, di Ballroom Hotel Bumi Senyiur Samarinda, beberapa hari lalu.
Gubernur Isran menambahkan program prioritas tanggung jawab sosial dan lingkungan adalah komitmen perusahaan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perusahaan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat. Sedangkan program kemitraan dan bina lingkungan adalah program yang bertujuan untuk meningkatkan usaha bagi pelaku usaha mikro dan kecil agar menjadi tangguh dan mandiri, serta pemberdayaan dan peningkatan kualitas terhadap kondisi sosial kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh perusahaan. Gubernur Isran Noor menyebutkan masih ada perusahaan yang mengindahkan Pergub No 27/2021 terkait pembangunan rumah layak huni.
“Masih ada perusahaan yang beroperasi di Kaltim belum ada kepeduliannya dan partisipasinya kepada masyarakat Kaltim, terutama membangun rumah layak huni. Oleh karena itu yang belum, bisa segera melaksanakan Pergub No 27/2021,” pesannya.
Bagi perusahaan yang telah melaksanakan Pergub No 27/2021, Gubernur Isran Noor memberikan apresiasi karena telah berkontribusi dalam berbagai program pembangunan daerah, khususnya yang telah melaksanakan pembangunan rumah layak huni melalui CSR perusahaan.(sb-02/adv/kominfo-kaltim).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *