DPRD Paser

Hendrawan Dorong Tingkatkan Kemampuan Literasi Masyarakat

34
×

Hendrawan Dorong Tingkatkan Kemampuan Literasi Masyarakat

Share this article
Ketua Komisi I DPRD Paser Hendrawan Putra

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Literasi sangat penting untuk meningkatkan kemampuan masyarakat  dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah yang diperlukan dalam kehidupan sehari – hari.   Demikian diungkapkan Hendrawan Putra, Ketua Komisi I DPRD Paser yang membidangi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Menurutnya literasi sangat diperlukan bagi individu dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, tingkat kecerdasan masyarakat juga mempengaruhi perkembangan di suatu daerah.

“Literasi sangat perlu untuk kehidupan, apalagi di lingkungan pekerjaan yang memerlukan wawasan yang luas,” kata Hendrawan Putra, Selasa (16/5/2023).
Namun, pada era digitalisasi minat baca semakin berkurang, tentu sangat perlu adanya upaya untuk meningkatkan minat baca di lingkungan masyarakat mulai dari usia dini hingga dewasa. “Upaya kita bagaimana menggugah masyarakat untuk bisa meningkatkan minat baca dari usia dini. Konsep literasi wawasan cerdas, jadi orang smart, cepat berpikir, dan tidak ketinggalan jaman,” ujar Hendrawan. Menurutnya, salah satu cara untuk meningkatkan minat baca, yaitu dengan menggelar kegiatan pameran buku. Seperti kegiatan Edu Fair yang pernah dilakukan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Paser beberapa bulan lalu.
“Bagaimana pemerintah bisa menggalakkan kegiatan itu, mulai dari kegiatan pameran buku kalo bisa di setiap kecamatan dan desa pedalaman,” ucapnya.
Hendrawan menambahkan, selain pemerintah, peran pendidik di sekolah juga sangat penting untuk menggugah minat baca para pelajar, tentunya yang terpenting peran orang tua untuk menyediakan buku dan menyiapkan ruang baca di rumah agar anak bisa membaca dengan nyaman di rumah.
” Jadi untuk mewujudkan literasi ini harus benar benar dukungan dari semua pihak tidak hanya dari pemerintah maupun lembaga dan dinas yang membidangi ini,” tambahnya (sb-06)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *