by

Kadis Perdagangan Tak Mau Serahkan 163 Data Swalayan Tak Berizin ke Satpol PP, Awas Masuk Angin!

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Pemerintah Kota Balikpapan akan menertibkan sebanyak 163 swalayan yang belum mengantongi izin diantaranya alfamart, alfamidi dan indomaret. Seperti diungkapkan Kadis Perdagangan Kota Balikpapan, Arzaedi Rachman, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II di ruang rapat paripurna beberapa pekan lalu.

Kepala Satpol PP Kota Balikpapan Zulkifli mengatakan, pihaknya telah melakukan pembahasan dengan Dinas Perdagangan (Disdag) terkait 163 swalayan yang tidak memiliki izin tersebut. “Kami sudah melakukan rapat dengan Dinas Perdagangan bahwa swalayan tersebut harus sesuai perizinan lokal, seperti Perda dan Perwali,” kata Zulkifli, kepada media ini, Selasa (4/5/2021).

Menurutnya, swalayan yang tidak memiliki izin tersebut sudah di layangkan surat peringatan pertama, sesuai Perda Kota Balikpapan Nomor 04 Tahun 2016 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Rakyat, Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan diberi batas waktu 2,5 tahun untuk mengurus izin nya. “Apabila dalam jangka waktu 2,5 tahun tidak diberi izin otomatis tidak bisa operasi lagi, menurut Kadisdag (Arzaedi Rahman) yang di sampaikan ke saya 2,5 tahun itu tahun 2021 ini, mereka harus mengurus izin,” terang Zulkifli.

Sebenarnya, kata Zulkifli, mudah saja bisa dikroscek ulang kalau memang tidak memungkinkan diberikan izin ya ditutup saja. “Kalau dari Satpol-PP siap kapan saja untuk melakukan penutupan swalayan yang tidak memiliki izin. Masalahnya sampai sekarang  Dinas Perdagangan belum menyerahkan data-data swalayan yang tidak memiliki izin, jadi saya belum bisa berbuat banyak tentang hal tersebut,” ujarnya.

Zulkifli menambahkan, sesuai dengan Perda Ketertiban Umum No 10 Tahun 2017 seluruh usaha itu harus memiliki izin apabila tidak memiliki izin harus ditutup.

Sementara itu, Kadis Perdagangan Kota Balikpapan, Arzaedi Rachman, ketika dikonfirmasi suarabalikpapan.com lewat aplikasi WhatsApp (WA) Senin (3/5/2021) mengapa data-data swalayan yang belum mengantongi izin tidak diserahkan ke Satpol PP.  Sampai saat ini, Arzaedi belum memberikan jawaban baik lewat telepon mau WA hingga media ini mendatangi tempat kerjanya di Kantor Dinas Perdagangan, Jalan RE Martadinata, Kelurahan Telaga Sari, Kecamatan Balikpapan Kota, Selasa (4/5/2021).(sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

127 views

Berita terkini